Bacakan

4 Amalan Wirid Para Wali Allah sehari hari Yang Memiliki Keutamaan sangat besar

4 Amalan Wirid Para Wali Allah sehari hari Yang Memiliki Keutamaan sangat besar


Dzikir Doa wirid mustajab

Sebelum kita bahas ,Amalan - Amalan wirid Wali allah yang selalu di amalkan setiap harinya, mari kita pelajari bersama, siapa dan bagaimana kehidupan para Wali Allah.

Seperti Apa Wali Allah ?

Waliyullah (Wali) dalam bahasa Arab berarti adalah 'seseorang yang dipercaya, wakil atau pelindung, makna secara umum menjadi 'Teman Allah' dalam kalimat waliyullah Al Qur'an menjelaskan Waliyullah memiliki arti orang yang beriman dan bertakwa.


Secara etimologi wali adalah lawan kata dari aduwwu (musuh) dan muwalah lawan dari muhadah (permusuhan).

Dengan demikian wali-wali Allah Swt adalah orang yang mendekat dan menolong agama Allah SWT, atau orang yang mencintai dan dan di cintai Allah SWT.


Allah Swt berfirman yang artinya : “katakanlah (hai Muhammad), jika kalian mencintai Allah, ikutilah aku (Muhammad), niscaya Allah akan mencintaimu…” (Q.S. Ali Imran [3]: 31).


Para Wali Allah dalam kehidupan sehari - hari tidak pernah terlepas dari Hati mereka untuk selalu bergantung pada Rabbnya, dengan selalu berdzikir dengan berbagai kalimat wirid sanjungan kepada Allah Swt.

Dan kita sebagai Manusia biasa sudah sewajarnya mengikuti apa yang sudah para Waliyullah ajarkan dan yang demikain itu bukanlah Ghuluw (sikap berlebihan dalam beragama)


‌Bahwa ada empat (4) macam wirid yang tidak pernah berpisah dengan para auliyaussholihin,( waliyullah) yang di Amalkan setiap hari diantara sholat sunah subuh ( Shalat syruq) dan sholat subuh, pada siang hari dan malam hingga sampai fajar lagi, dikarenakan manfaat dari wirid ini yang sangat besar bagi kehidupan, baik di dunia maupun akhirat.

4 Amalan Wirid / dzikir yang tidak pernah ditinggalkan para Waliyullah dan mustajab



Tentunya para waliyullah / wali Allah / orang yang dipercaya Allah, memiliki kebiasaan di luar kebiasaan manusia pada umumnya, kebiasaan tersebut berupa wirid yang tidak pernah di tinggalkan.

Apa saja ketiga wirid Wali allah tersebut ?Ketiga bacaan wirid dzikir para Auliyaullah tersebut adalah :


1. Membaca wirid Istighfar Malaikat 100x sebelum sholat subuh:


سُبْحَانَ الله وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ ،اَسْتَغْفِرُالله


‘SUBHANALLAH WABIHAMDIHI SUBHANALLAHIL ‘ADHIM, ASTAGHFIRULLAH’


Kalimat wirid ini dikenal dengan sebutan istighfarnya  para malaikat, yang selalu di wiridkan para wali allah pada waktu fajar sebelum Sholat subuh.

Wirid Istighfar Malaikat ini memiliki keutamaan, barang siapa yang mengamalkan wirid ini akan di mudahkan segala Urusanya.


2. Membaca 100x sesudah sholat dzuhur:


لَاإِلَهَ إِلَّا الله المـَلِكُ الحَقُّ الْمُبِيْنُ



Rasulullah SAW bersabda ;

Siapa saja yang membaca kalimat ini, akan selamat (dijauhkan) dari kemiskinan dan akan menenangkan serta menyenangkan di alam kubur dari rasa kesepian".

Bahwasanya dari keterangan hadits diatas, Membaca Wirid dzikir tersebut dengan penuh kehusyuan setiap sesudah dan sebelum sholat dzuhur, siapapun yang Membacanya akan mendapatkan keutamaan berupa ;

* Di jauhkan dari sifat fakir.

* Menjauhkan dari pandangan buruk orang lain, seperti penyakit Ain.

* Di jauhkan dari sifat fakir. 

* Menjadikan kalimat wirid tersebut sebagai teman yang menyenangkan di alam kubur.

Baca : Bahaya penyakit Ain dan Doa agar terhindar dari penyakit Pandangan buruk 

3. Dan membaca Wirid Tasbih pada Malam hari sebelum tidur:


33x سبحان الله


33x الحمدلله


34x الله اكبر


3. Membaca Wirid Tauhid di malam hari.

Wali Allah yang dalam Hatinya tidak pernah lepas dari mengingat Allah, selalu membaca wirid ini di sepanjang malamnya.

Kalimat wirid Tauhid tersebut adalah :


لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


kalimat tauhid diatas adalah kalimat yang diajarkan Rasulullah SAW kepada anaknya tercinta yaitu Sayyidah Fatimah RA dan juga kepada Sayyidina Ali bin Abi tholib karamallahuwajhah, para ulama mengatakan ada rahasia yang sangat besar dalam kalimat tauhid ini". kemudian para Wali Allah mengikuti apa yang Rasulullah ajarkan itu.

4. Selalu Menyanjungkan shalawat atas Nabi SAW

Selain membaca wirid sebagai Amalan sehari - hari Wali Allah juga selalu bershalawat, bacaan shalwat para wali Allah bis di lihat Pahala sholawat yang abadi


Dasar Dalil dari Empat Wirid para Waliyullah diatas adalah Kutipan dari kitab I'anatut thalibin dan fathul mu'in.
Yang menyebutkan dalam sebuah riwayat:


أن رجلا جاء إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فقال تولت عني الدنيا وقلت ذاتيدي فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم فأين أنت من صلاة الملائكة وتسبيح الخلائق وبها يرزقون قال فقلت وماذا يا رسول الله قال قل سبحان الله وبحمده سبحان الله العظيم أستغفر الله مائة مرة ما بين طلوع الفجر إلى أن تصلى الصبح تأتيك الدنيا راغمة صاغرة ويخلق الله عز وجل من كل كلمة ملكا يسبح الله تعالى إلى يوم القيامة لك

Artinya ;

Bahwasanya seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw.

Lelaki itu berkata : "Dunia berpaling dariku dan sedikit di tanganku (miskin)"

Lalu Rasulullah saw bersabda :

“Maka dimanakah kamu dari permohonan rahmat oleh para Malaikat dan tasbih para makhluk, dan dengannya mereka diberi rizki?

Lalu lelaki itu berkata :

"Apakah itu wahai Rasulullah?"

Beliau Nabi bersabda :

Ucapkanlah ;

"SUBHAANALLAAHI WABIHAMDIHI SUBHAANALLAAHIL ‘AZHIIMI ASTAGHFIRULLAH "

( Maha Suci Allah denga segala pujiNya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung, Saya memohon ampun kepada Allah)” seratus (100x) kali antara terbitnya fajar sampai shalat shubuh maka dunia datang dengan hina dan kecil (tidak sombong) dan Allah ‘Azza Wa Jalla menciptakan dari setiap kata akan satu Malaikat yang mentasbihkan Allah Ta’ala sampai hari kiamat yang pahalanya untukmu"

(Al Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali).

Baca Juga : Bacaan Ratib Al -Atthas dan Keutamaanya

Wirid Dan Dzikir Abadi Waliyullah

وردت عن النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث صحيحة كثيرة، أمر بها بعض أصحابه لتوسعة الرزق، وقال بعض العارفين: وهي مجربة لبسط الرزق الظاهر والباطن، وهي هذه: لا إله إلا الله الملك الحق المبين، كل يوم مئة مرة. سبحان الله وبحمده، سبحان الله العظيم، أستغفر الله، كل يوم مئة مرة. واستحسن كثير من الأشياخ أن تكون بين سنة الصبح والفريضة، فإن فاتت في ذلك فبعد صلاة الصبح وقبل طلوع الشمس، وإن فاتت في ذلك فعند الزوال. فلا ينبغي للعبد أن يخلي يومه عنها.


Tersebut juga dalam banyak hadits shahih sebuah riwayat di mana Nabi Muhammad SAW memerintahkan sejumlah sahabatnya untuk mengamalkan bacaan ini demi memperlapang atau mempermudah jalan rezeki.

Dan berkata sebagian orang arif ;

amalan ini teruji dalam melapangkan rezeki lahir maupun batin.

Bacaan yang dimaksud ialah :

“LAA ILAAHA ILLALLAAHUL MALIKUL HAQQUL MUBIIN”( baca setiap hari 100 kali ).

“SUBHAANALLAAHI WA BIHAMDIHI, SUBHAANALLAAHIL AZhIIM, ASTAGhFIRULLAAH”

( baca setiap hari 100 kali).


Anjuran untuk rutin membaca kalimat wirid diatas yaitu saat di antara shalat sunah Subuh ( shalat fajar ) dan shalat Subuh.

Jika pada kesempatan itu tidak membaca, maka bacalah setelah Subuh hingga sebelum fajar menyingsing.

Bila pada waktu itu tidak membaca juga, maka bacalah setelah matahari gelincir atau menjelang dzuhur.

(Hasyiyah I’anatuth Thalibin ‘Alaa Fathil Mu’in).

Selain 4 Macam Wirid Dzikir para Wali allah yang selalu diamalkan para wali allah, Wali allah juga kerap membaca Doa sebagai pelengkap wirid tersebut, Baca : Kumpulan doa Mustajab para Wali Allah

Setelah kita mengetahui Amalan Wirid Dzikir para Waliyullah, pastinya kita tahu bahwa ada keutamaan luar biasa didalamnya berupa menjadi kekasih Allah, dan pastinya akan menjadikan mudah dalam menghadapi persoalan hidup.

Semoga kita bisa mengamalkan Wirid dzikir pilihan para walliyullah tersebut , dengan harapan akan menjadi manusia yang diridlhoi dan selamat dunia akhirat. aamiin.


Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: 4 Amalan Wirid Para Wali Allah sehari hari Yang Memiliki Keutamaan sangat besar, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.