Bacakan

Kumpulan Doa Mustajab para Waliyulloh dan menjadi Amalan para Aulia

Kumpulan Doa Mustajab yang paling banyak di cari dan menjadi Amalan para Aulia (Waliyulloh)
Kumpulan Doa yang Selalu Dibaca Para Waliyulloh
Kumpulan Doa yang Selalu Dibaca Para Waliyulloh

Setiap Manusia Memiliki banyak sekali keinginan atau cita-cita, dari segi Materi (Harta, tahta dan wanita / pria).

Setiap Manusia pastilah akan mendapat cobaan berupa permasalahan dalam kehidupan, entah itu masalah antara sesama manusia (sosial), antara pasangan (suami - istri) dan permasalahan lainya, yang pastinya setiap Orang memiliki masalah yang berbeda-beda.

Setiap Manusia pun Memiliki banyak sekali keinginan atau cita-cita, dari segi Materi (Harta, tahta, dan wanita / pria).

Dari yang demikian tadi, sesungguhnya Manusia di ciptakan di Muka bumi ini, sudah dengan garis takdirnya Masing-masing (jodoh, Rezeki dan mati) adalah ketentuan yang sudah tertulis di lauhil mahfudz.

Apa sebenarnya Tugas Manusia di Bumi?

Tugas Manusia adalah sebagai Kholifah di Bumi, dan mempunyai kewajiban kepada Robb Alloh SWT yaitu beribadah dan memasrahkan segala urusan hanya kepada-Nya.

Lalu bagaimana Manusia bisa terlepas dari berbagai himpitan Masalah?

Yah, Setiap orang pastinya pernah merasa ada di posisi yang paling sulit, merasa ada dalam titik terendah dalam hidupnya, tidak jarang juga yang berputus asa.

Maka untuk dapat terlepas atau menghindari masalah hidup dan keputus asaan.

Daftar Isi Artikel:

Berikut tips atau caranya :

Tips Menghadapi Masalah Hidup

Pertama yang Harus kita lakukan agar bisa terlepas dari berbagai permasalahan adalah, kita harus ingat bahwa berputus asa itu suatu yang sangat di larang olleh Alloh SWT, Alloh tidak menyukai orang-orang yang berputus asa akan suatu hal.

Alloh berfirman :

يَا بَنِيَّ اذْهَبُوا فَتَحَسَّسُوا مِنْ يُوسُفَ وَأَخِيهِ وَلَا تَيْأَسُوا مِنْ رَوْحِ اللَّهِ ۖ إِنَّهُ لَا يَيْأَسُ مِنْ رَوْحِ اللَّهِ إِلَّا الْقَوْمُ الْكَافِرُونَ

Yaa baniyyadz-habu fa tahassasu miy yuusufa wa akhihi wa la tai-asu mir rouhillah, innahu la yai-asu mir rouhillahi illal qoumul kafirun.

O my sons, go and find out about Joseph and his brother and despair not of relief from Alloh. Indeed, no one despairs of relief from Alloh except the disbelieving people. (QS. Joseph : 87)

Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Alloh. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Alloh, melainkan kaum yang kafir". (QS. Yusuf : 87)

Pada Ayat diatas yang di maksud walataiasu mirrouhillah yang artinya "maka janganlah engkau berputus asa dari rahmat Alloh" merupakan sebuah peringatan jika berburuk sangka terhadap nikmat Alloh sama halnya dengan berputus asa.

Jadi, berputus asa dan merasa sedih tidak berdaya bukan lah perbuatan yang disukai Alloh SWT dan bukanlah tindakan yang baik.

Ingat dan yakinlah jika kita memiliki Tuhan Alloh yang pastinya akan membantu dan menolong apa pun masalah dan kesusahan kita, asalkan kita mau memenuhi setiap kewajiban kita sebagi Makhluk Alloh dan memohon berdoa kepada-Nya, Niscaya Alloh akan datang untuk menolong umat-Nya.

Alloh SWT menyuruh kita Untuk hanya berdoa terhadap-Nya.

Alloh SWT Berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Mukmin ayat 60 :

وَالَّذِيْنَ يُؤْتُوْنَ مَآ اٰتَوْا وَّقُلُوْبُهُمْ وَجِلَةٌ اَنَّهُمْ اِلٰى رَبِّهِمْ رٰجِعُوْنَۙ ۝٦٠

Walladziina yu'tuuna maa aataw wa quluubuhum wajilatun annahum ilaa robbihim roojinguun.

Dan orang-orang yang melakukan (kebaikan) yang telah mereka kerjakan dengan hati penuh rasa takut (karena mereka tahu) bahwa sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhannya.

Ayat diatas merupakan janji Alloh SWT, dan janji Alloh bersifat pasti, Alloh tidak memandang siapa yang berdoa dan memohon kepada-Nya.

Setiap yang datang untuk memohon dan berdoa pasti Alloh akan mengbulkanya (di ijabah), Hanya saja kapan dan dimana Alloh kan kabulkan doa-doa kita hanya Alloh SWT yang maha mengetahui.

Hal itu bertujuan Agar kita Sabar dalam berdoa dan berikhtiar.

Sekali lagi jangan Pernah merasa putus asa jika kita merasa doa belum di kabulkan. Mungkin saja, doa kita di ganti dengan apa yang lebih baik untuk kita menurut Alloh, atau doa kita sedang di tunda menunggu waktu yang pas menurut Alloh.

Karena Alloh lah yang Maha mengetahui apa yang kita butuhkan.

Tugas kita hanya wajib mempercayai dan yakin jika Alloh akan memberi yang terbaik bagi kita.

Tawakal dalam berbagai keadaan dan berdoa memohon kepada Alloh, Karena hanya kepada Alloh tempat kita mengadu dan meminta, sebagaimana apa yang telah dianjurkan oleh Nabi besar Muhammad SAW.

Sabda Rosululloh SAW yang artinya:

“Tiada seorang berdoa kepada Alloh dengan suatu doa, kecuali dikabulkan-Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepat terkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa.” (HR. Ath-Thobroni)

Dari apa yang telah Nabi Anjurkan untuk kita pastilah memiliki Banyak keuntungan dan faedah yang akan kita dapatkan.

Kuncinya hanya Tawakal, ikhlas dan sabar dalam berdoa, artinya jika kita istiqomah dalam beribadah dan berdoa dengan mengingat Alloh SWT, Niscaya janji Alloh adalah nyata.

Apa saja Doa yang baik dan Mustajabah?

Beliau Nabi Muhammad SAW juga mengajarkan tentang Doa apa saja yang akan di dengar dan di ijabah oleh Alloh SWT.

Kumpulan Amalan Doa Mustajab

Berikut Kumpulan Doa Mustajabah yang banyak di cari dan menjadi Amalan para Aulia Alloh yang bersumber dari Rosululloh SAW.

10 Doa Mustajabah Yang Jadi Amalan para Auliya Paling Dicari

Membaca Surat Al Fatihah

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, mengenai keutamaan Surat Alfatihah sebagai wirid dan doa, Surat Alfatihah adalah Salah satu bacaan surat yang mustajab yang dijadikan doa agar keinginan atau hajat kita tercapai.

Surat Al Fatihah merupakan “Ummul Kitab” atau induk dari Al Qur’an.

Surat Al Fatihah juga merupakan salah satu dari syarat sahnya sholat.

Salah satu Ayat dari surat Al Fatihah yang berbunyi:

اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ ۝٥

"Iyyaka na’budu wa iyyaka nastangin"

"Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan."

Ayat ke 5 dari surat Al fatihah diatas, adalah doa yang mustajab, dilihat dari Artinya.

Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW yang Artinya ;

Alloh berfirman dalam hadist Qudsi: “Aku membagi sholat antara Aku dan hamba-Ku menjadi dua dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta.” Maka jika sang hamba membaca (Alhamdu lillahi robbil ngalamin) Alloh berkata: “Hamba-Ku menyukuri aku,” dan jika membaca (Arrohman arrohiim) Alloh berkata: “Hamba-Ku memuji Aku,” dan jika membaca (Maaliki yaumid diin) Alloh berkata: “Hamba-Ku pasrah kepada-Ku. Dan jika membaca (Iyyaka na’budu wa iyyaka nastangiin), Alloh berkata: “Ini antara Aku dan hamba-Ku, dan untuk hamba-Ku apa yang ia minta,” dan jika membaca (Ihdinash shirotol mustaqiim shiratol ladzina anngamta ngalaihim ghoiril maghdhubi ngalaihim waladh dhoollin), Alloh berkata: “Ini untuk hamba-Ku dan untuk hamba-Ku apa yang ia pinta.” (HR. Muslim)

Baca : Keutamaan dan Fadhillah Surat al-Fatihah Lengkap

Membaca Doa Hajat

Doa Hajat atau Doa setelah Sholat Hajat, juga merupakan Amalan Doa mustajabah yang diamalkan para Auliya.

Bacaan Doa hajat ;

لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ اْلحَلِيْمُ اْلكَرِيْمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ والْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ. أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ، وَعَزَآئِمَ مَغْفِرَتِكَ، وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لَا تَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضىً إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallohi robbil ngarsyil ngadzim. Walhamdu lillahi robbil ngaalamin. As-aluka muujibaati rohmatika wa ngazaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri was salaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimin.

“Tidak ada Tuhan selain Alloh Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Alloh pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Alloh Tuhan seru seklaian malam. Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang.”

Cara Mengamalkan doa Hajat diatas adalah dengan melaksanakan Sholat hajat terlebih dahulu.

Membaca Surat Al Baqoroh: 285-286

Ayat ke 285 - 286 merupakan ayat terakhir dalam surat Al Baqoroh. Bacaan Al-Quran pada surat Al-Baqoroh ayat terahir ini, adalah Ayat yang diamalkan oleh para Auliyaulloh (kekasih Alloh).

Biasanya ayat-ayat ini dibaca setelah ayat kursi atau sebagai penerus dari ayat kursi ketika hendak memanjatkan hajat atau keinginan.

Ayat terahir dari Surat Al-Baqoroh ini memiliki keutamaan berupa diberikan kecukupan oleh Alloh SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al Baqoroh pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan." (HR. Bukhori Muslim)

Arti atau tafsir dari kalimat Kecukupan yang dimaksud dalam hadist diatas adalah kecukupan dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Maka dengan Mengamalkan Ayat terahir dari surat Al Baqoroh ini, Niscaya bi idznillah segala kebutuhan kita di dunia dan akhirat akan terpenuhi jika kita mengamalkannya dengan penuh keikhlasan dan disertai dengan senantiasa taat atas segala perintah dan larangan Alloh SWT.

Membaca Surat Al Ikhlas

Surat Al Ikhlas ini adalah surat cinta dari Makhluknya Untuk Alloh SWT dan salah satu Surat dari Al-Quran yang paling Alloh Cintai.

Banyak Keutamaan dari surat Al Ikhlas ini, salah satunya adalah jika kita membaca dengan penuh kehusyuan dan diulang hingga 1000 kali dalam memohon suatu hajat maka Insya Alloh segala Hajat atau cita-ita akan cepat tercapai dan doa kita akan dikabulkan oleh Alloh SWT. (Wallahu A'lam).

Surat Al Ikhlas adalah surat ke 112 dalam Al Qur’an. Surat ini hanya terdiri dari empat ayat. Inti dari surat ini adalah tentang Ketauhidan / ke-esaan Alloh SWT.

Dalil yang menerangkan keutamaan Surat Al-Ikhlas adalah Hadits Nabi yang Artinya :

"Sesungguhnya Rosululloh SAW mendengar seseorang berkata: “Ya, Alloh, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau (adalah) Alloh yang tidak ada Ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung (kepada-Mu) segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan, dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya,”

Kemudian Rosululloh SAW bersabda:

“Sungguh dirimu telah meminta kepada Alloh dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya (pasti akan) memberi, dan jika Ia disebut dengannya, (pasti akan) mengabulkannya.

Baca : Keutamaan Membaca surat Al Ikhlas bersama Bismillah

Perbanyak Berdzikir

Berdzikir artinya mengingat akan Ke Maha an Alloh SWT, Dengan memperbanyak dzikir skan menenangkan Hati, jika hati tenang maka pastinya kita bisa menghadapi semua permasalahan hidup.

Dengan mengingat Alloh, maka kita akan lebih bisa mendekatkan hati kepada Alloh, Selain itu, apabila kita sering berdzikir mengingat Alloh, maka kita akan mudah terjaga dari berbuat maksiat yang dapat menyebabkan tidak terkabulnya sebuah doa, bahkan bisa menyebabkan sempitnya jalan rezeki.

Hauqollah

Agar hajat dikabulkan oleh Alloh SWT, kita bisa membaca hauqolah.

Berikut bacaan Lafadz hauqollah lengkap arab latin dan artinya:

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

"Laa haula wa laa quwwata illa billaahil ngaliyyil ngadzim."

"Tiada daya dan upaya melainkan karena kekuatan Alloh yang Maha Tinggi dan Maha Agung."

Para ulama menganjurkan kita mengucapkan lafal ini sesering mungkin apabila kita ingin doa cepat terkabul.

Perbanyak Membaca Istighfar

Istigfar adalah ucapan memohon ampunan atas dosa dan kesalahan yang kita lakukan, dari itu dengan memperbanyak membaca Istighfar kita akan diberikan ampunan dan diberikan kemudahan dalam segala urusan dunia.

Membaca Istighfar mampu menjadikan doa-doa didengar dan dikabulkan Alloh SWT.

Dalilnya Sabda Nabi Muhammad SAW:

“Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Alloh akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga-duga.” (HR. Abu Daud dan Nasa’i)

Membaca Ayat Kursi (Al-Baqoroh: 255)

Ayat kursi merupakan ayat ke 255 dalam surat Al Baqoroh. Disebut sebagai ayat kursi karena isi dari ayat tersebut menjelaskan tentang Kursi (singgahsana Alloh SWT) dan menganfung nama Alloh yang maha agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qoyyum.

Karena alasan tersebut ayat ini juga diberi julukan sebagai ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an.

Karena kesitimewaan Ayat kursi ini mampu mengetuk pintu langit ketika kita membacanya saat berdoa dan memohon hajat hingga doa kita akan terijabah.

Dan Ayat kursi tersebut juga termasuk Amalan dzikir dan doa para waliyulloh.

Membaca Asmaul Husna

Asmaul Husna adalah sebutan bagi nama-nama Alloh. Jumlah dari Asmaul Husna ada 99. Berdoa dengan membaca Asmaul husna memiliki banyak Keutamaan diantaranya adalah;

Dengan membacanya akan mendapatkan kebaikan, keberkahan serta perlindungan dari Alloh SWT dan akan dikabulkannya doa.

Dalil yang menjelaskan keutamaan Asmaul Husna yaitu Firman Alloh SWT:

“Alloh mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna itu…” (QS. Al-A’rof 7 : 180)

Membaca Sholawat Nabi

Bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan suatu penghormatan dan bukti kecintaan kita kepada beliau. Sholawat atas Nabi Muhammad adalah perintah Alloh SWT, yang Alloh dan para malaikat-Nya pun bersholawat kepada Nabi. Bahkan disebutkan juga apabila kita mendengar nama Nabi Muhammad SAW disebut, maka kita tidak bersholawat kepadanya maka termasuk dalam golongan orang yang paling bahil.

Keutamaan Sholawat Nabi mampu menjadi lantaran terkabulnya suatu Doa.

Dalilnya Hadits berikut yang artinya:

Umar bin Khottab Ra. berkata: “Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan sholawat atas Nabi Muhammad SAW.” (HR. Tirmidzi).

Ada banyak macam sholawat atas Nabi yang diciptakan para Waliyullah sebagai bentuk mahabah dan amalan mereka, duantaranya adalah; sholawat munjiat, Nariyah, Sholawat Tibil Qulub (sholawat syifa) dll.

Doa Mustajab Rosululloh SAW

Nabi Muhammad adalah Manusia pilihan, akan tetapi layaknya manusia biasa beliau pun pernah mengalami kesusahan dan kesedihan.

Nabi Muhammad SAW selalu berdoa ketika ia sedang mengalami kesulitan.

Berikut Doa Nabi saat dalam keadaan kesulitan lengkap arab latin dan artinya:

اللَّهُ اللَّهُ رَبِّي لاَ أُشْرِكُ بِهِ شَيْئاً

Allohu Allohu Robbuna La Nusyrik bihi Syai-a.

“Alloh, Alloh Tuhan kami, kami tidak menyekutukan-Nya dengan apapun”.

Doa diatas mengandung permemohonan kepada Alloh dan menyatakan jika tidak ada Tuhan selain Alloh.

Ketika kita sedang mengalami kesusahan dan kesulitan hidup, maka bacalah doa Nabi tersebut sebagai wirid setiap waktu.

Membaca Surat Yasin

Surat Yasin adalah Jantung Al-Qur’an. Keistimewaan dari surat yasin sendiri sangatlah banyak, salah satunya adalah dapat menghapus dosa, dan Mampu menjadi lantaran terjabulnya doa dan tercapai segala hajat.

Salah satu Hadits Nabi yang menjelasksn keutamaan surat Yasin adalah, sabda Nabi Muhammad SAW :

“Barang siapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR. Abasy Syaikhi dari Abu Huroiroh ra).

Penutup

Dari 12 Doa Mustajabah Amalan para Waliyulloh diatas. Bukan berarti Hanya dengan mengamalkanya segala hajat dan cita-cita dapat terkabul dengan cepat.

Sudah selayaknya kita sebagai Manusia yang diciptakan Alloh SWT yang diberi bekal berupa akal, pikiran, hati serta kekuatan, untuk menggunakanya sebaik mungkin dengan cara selalu berusaha di jalan yang diridhloi Alloh dan selalu Memohon berdoa agar apa yang kita cita-citakan dapat tercapai, dimudahkan urusan dunia serta selamat di dunia dan akhirat.

Sebuah usaha (iktiar) harus seimbang agar keinginan kita lekas terkabul.

Teruslah berusaha, berdoa dan selalu sabar dalam kondisi apapun, maka Alloh akan mendengar doa-doa kita dan mengabulkan segala hajat berupa hal terbaik menurut Alloh SWT, dan saat berdoa jangan lupa Adab serta tata cara berdoa yang dianjurkan Rosululloh SAW.

Intinya teruslah berusaha dan berdoa, kemudian sabar dan tawakaltu 'alalloh.


Kiranya demikian lah artikel tentang Kumpulan doa dan amalan-amalan mustajabah para waliyulloh yang dianjurkan oleh nabi besar Muhammmad SAW, semoga bermanfaat.

Anda mungkin tertarik artikel ini:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Kumpulan Doa Mustajab para Waliyulloh dan menjadi Amalan para Aulia, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.


Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.