{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?
Bacakan

Kenali 9 Hal yang Menyebabkan Gelisah dan Bacalah Doa Mengatasi Kegelisahan Lengkap Arab Latin dan Artinya

Anda Gelisah, gundah dan resah? Kenali 9 Hal yang Menyebabkan gelisah dan Bacalah Doa pendek untuk mengatasi kegelisahan
9 Penyebab Gelisah dan Bacaan Doa Mengatasi Gelisah Lengkap Arab Latin dan Artinya
9 Penyebab Gelisah dan Bacaan Doa Mengatasi Gelisah Lengkap Arab Latin dan Artinya

Kegelisahan adalah rasa cemas, was-was dan khawatir. Adalah wajar bagi setiap orang, dihinggapi rasa gelisah yang menjadikan perasaan tidak menentu, apalagi ketika menghadapi serangkaian problematika hidup, seperti Masalah Asmara, cinta, Ekonomi hingga Masalah dengan lingkungan sekitar.

Ketika gelisah itu datang, segala sesuatu dijalani seperti hampa, hambar, Tampa semangat. Makan tidak enak, tidur pun tidak nyenyak.

Oleh karena itu, saatnya kita kenali, mengapa hati selalu gelisah, kenapa hati kerap dilanda kegelisahan?

Daftar Isi Artikel:

Jenis Perasaan yang Mengganggu Jiwa

Setiap perasaan gelisah yang dialami oleh seseorang, sebenarnya ada tiga jenis penyebabnya.

Apa yang membuat hati gelisah ?

Yah, Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami kegelisahan yang tanpa kita ketahui penyebabnya, berikut kami ulas beberapa Hal yang bisa menyebabkan Hati gelisah gundah gulana.

Berikut Tiga jenis perasaan yang mengganggu jiwa seorang manusia :

  1. Huzn (kesedihan terhadap apa yang terjadi di masa lalu).

    Ini terjadi pada mereka yang tidak bisa move on terhadap apa yang terjadi di masa lalu, biasanya Orang yang dihinggapi rasa tersebut akan mudah gelisah.

  2. Hamm (keresahan lantaran kekhawatiran akan masa depan).

    Kekhawatiran akan Masa depan, sesungguhnya adalah sebuah Dosa, sebab sebuah masa depan sudah diatur Alloh SWT.

  3. Ghomm (perasaan gelisah gundah saat menghadapi kenyataan yang sulit yang tengah dihadapi sekarang).

    Kesulitan Hidup adalah sebuah cobaan, maka bersabarlah karena sesungguhnya Alloh tidak akan memberikan cobaan melebihi batas kemampuan Hambanya.

Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan dari ketiga jenis penyebab gelisah tersebut diatas yang sering kita abaikan.

Penyebab Gelisah

Berikut ini hal-hal yang menyebabkan gelisah:

  1. Terlalu Banyak Berbuat Dosa

    Jika Anda adalah seorang muslim Pastinya akan merasa menyesal dan merasa bersalah ketika berbuat dosa, maka hati pun akan diliputi Kegelisahan, dan hidup seperti dalam keterasingan.

    Ibnu Qoyyim RA berkata: "jika kamu menemukan keterasingan karena perbuatan dosa, maka segera tinggalkan dan jauhi dosa dan maksiat. Hati tidak akan tenang dengan perbuatan dosa."

  2. Hilangnya Rasa Bersyukur

    "Maka nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan", arti dari ayat surat ar-rohman ini menjelaskan bahwa nikmat yang Alloh berikan begitu tak terhingga.

    Alloh menciptakan segala sesuatu, termasuk semua yang ada di langit dan yang ada di bumi, dengan penuh kasih sayang dan hanya untuk manusia.

    Dalam Al-Quran surah Al-Hud Alloh berfirman:

    وما من دلالة في الارض الاعلى الله رزقها ويعلم مستقرهاومستودعها كل في كتب مبين

    "Dan tidak ada binatang melata pun yang hidup di muka bumi ini melainkan Alloh yang memberinya rezeki ..." (QS. Hud : 6).

    Seseorang yang telah kehilangan rasa bersyukur atas apa yang telah Alloh anugrahkan dalam kehidupan, pastilah akan selalu dihinggapi rasa gelisah.

  3. Suka Berandai-Andai

    Seseorang yang suka berandai-andai dan berkeinginan memiliki segala sesuatu, sementara Ia tidak mempunyai kemampuan dan daya upaya untuk meraihnya.

    Maka bisa dipastikan hatinya akan selalu diselimuti rasa gelisah.

  4. Hubbud Dunya (Cinta Dunia)

    Tidak ada salahnya jika kita menginginkan menjadi kaya harta, berkuasa dan bertahta. Namun yang menjadi bahaya adalah jika kita terlena akan nikmat dunia, hingga kita cinta akan segala kemewahan dunia. Hal itu akan menyebabkan Hati menjadi keras dan selalu diselimuti rasa gelisah.

    Rosululloh SAW mengkhawatirkan umatnya yang mencintai dunia secara berlebihan.

    إِنَّ مِمَّا أَخَافُ عَلَيْكُمْ بَعْدِي، مَا يُفْتَحُ عَلَيْكُمْ مِنْ زَهْرَةِ الدُّنْيَا وَزِينَتِهَا

    "Yang paling aku takutkan dari umat sepeninggalanku adalah jika kesenangan dunia dan hiasannya dibuka untuk kalian." (Muttafaqun 'Alaih).

  5. Terlalu Berharap pada Manusia

    Mengharapkan cinta, atau balasan dari seseorang dengan berlebihan, adalah suatu dosa. Maka berharaplah hanya kepada Alloh, sebab seseorang yang bergantung pada selain Alloh dan berharap pada selain-Nya niscaya hanya akan mendapatkan kecewaan.

    Dari rasa kecewa tersebut pastinya akan menyebabkan kegelisahan hati.

  6. Sering Berbuat Dzolim

    Setiap Manusia memiliki perasaan yang sama, yaitu ketika ada seseorang yang berbuat dzolim terhadap kita pastilah akan merasa jengkel dan sebagainya.

    Menzalimi orang, bisa dari perbuatan, atau dari ucapan intinya meninggalkan perasaan tidak enak terhadap seseorang adalah termasuk dalam perbuatan dzolim. Hal itu juga menimbulkan gelisah.

  7. Lemahnya Iman

    Iman adalah kendali dari segala perbuatan dzolim, maka seseorang yang lemah iman pasti akan mudah mengeluh dan menyalahkan keadaan. Tidak meyakini akan kekuasaan Allah yang maha kuasa. Yang mengatur hidup, mati, rezeki dan jodoh manusia.

    Lemahnya iman adalah sumber dari kegelisahan.

  8. Tidak Bersungguh-Sungguh dalam Beribadah

    Beribadah atau mentaati segala yang disyariatkan Alloh adalah kewajiban yang harus dijalankan dengan sungguh-sungguh oleh seorang muslim.

    Ketika kita malas beribadah, dan enggan bertaubat kepada-Nya, hal itu adalah cerminan dari banyaknya tindakan maksiat yang dikerjakan setiap harinya. Sudah pasti yang demikian itu akan menyebabkan kegelisahan.

  9. Baca : Hikmah dan Keutamaan Sholat Maktubah.

  10. Dosa Dalam Hati

    Terkadang terbesit niat jahat dalam hati, atau sering bicara dalam hati tentang kejelekan orang, hal itu juga adalah termasuk salah satu penyebab rasa gelisah, dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa beliau Sufyan bin Uyainah RA pernah ditanya perihal kegundahan atau kegelisahan yang datang secara tiba-tiba, beliau menjawab: "Itu adalah sebab dia yang engkau berkeinginan melakukanya, namun engkau tidak melakukanya."

    Dan Ibnu Taimiyah berkata: "Dosa-dosa ada hukumnya, dosa dalam hati hukumannya dalam hati (Perasaan gelisah), dosa yang terang-terangan hukumannya pun juga terang-terangan."

Demikian sembilan hal yang menyebabkan kegelisahan. Sebagai Manusia memang tidak akan luput dari yang namanya cobaan hidup yang menyebabkan rasa kecewa, khawatir dan gelisah. Namun jika kita pelajari dan renungkan lebih dalam, sebenarnya segala cobaan dan ujian hidup adalah suatu pembelajaran, agar kita bisa menumbuhkan kesabaran dan ikhlas.

Cara Mengatasi Gelisah

Berikut cara mengatasi gelisah gundah gulana. Yang harus kita lakukan saat kegelisahan melanda yaitu; cegahlah agar tidak semakin terpuruk dan stagnan dalam keadaan gelisah.

Percayalah, segala bentuk cobaan akan menumbuhkan kekuatan, dan menjadi pahala dari Alloh jika kita bisa sabar serta ikhlas dalam menjalaninya, dengan selalu berusaha menggapai rahmat serta petunjuk Alloh SWT.

Nah, ketika Anda sedang merasa gelisah, maka berdoalah dengan kumpulan doa-doa pendek berikut Insya Alloh mampu untuk mengatasi kegelisahan hati Anda.

Ibnu Taimiyah berkata: Dosa-dosa ada hukumnya, dosa dalam hati hukumannya dalam hati (Perasaan gelisah), dosa yang terang-terangan hukuman nya pun juga terang-terangan.

Kemudian setelah kita ketahui hal apa saja yang menyebabkan gelisah, galau, sedih dan resah berikut doa-doa yang disarankan untuk dibaca ketika kita tiba-tiba merasa gelisah.

Doa Mengatasi Gelisah

Berikut kumpulan doa-doa pendek untuk menghilangkan kegelisahan lengkap arab latin dan artinya:

Doa Ketika Merasa Gelisah

Doa yang pertama untuk mengatasi kegelisahan yaitu doa dari ayat Al-Quran surat Al-Anbiya ayat 87:

لاَ إِلَهَ إِلَّا أنْـت سُـبْحانَكَ إِنِّي كُنْـتُ مِنَ الظّـالِميـن

La ilaha illa anta subhanaka ini kuntu minadz dzoolimiin

"Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang dzolim".(QS. Al-Anbiya : 87)

Rosullulloh Muhammad SAW berkata: "Aku tahu kata-kata yang akan menyebabkan Alloh menghilangkan kesusahan seseorang. Ini adalah kata-kata (permohonan) dari saudaraku Yunus SAW." (H.R Tirmidzi).

Doa Gelisah Karena Hutang

Rosululloh SAW pernah mengajarkan kepada Abu Umamah (Sahabat Rosul), yang saat itu sedang terjerat dalam kesedihan dan utang, supaya membaca doa tersebut setiap pagi dan petang sebanyak-banyaknya.

Abu Umamah juga mengatakan, setelah mengikuti apa yang diajarkan oleh Rosululloh tersebut, Alloh SWT menghilangkan semua kesusahan dan ia mampu melunasi utangnya. (Sohih Muslim).

Berikut doanya:

اللهُ اللهُ ربِّي لا أُشرِكُ به شيئًا

Allohu Allohu robbi, La ushriku bihi shaiaa

"Alloh, Alloh adalah Tuhanku, aku tidak mempersekutukan apapun dengan-Nya."

Doa Gelisah Karena Banyak Urusan

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbishroh li sodri, wa yassir li amri, wahlul nguqdatan min lisani yafqohu qowli.

“Ya Robbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataan ku.” (QS. Toha : 25-28)

Doa Gelisah Ketika Memiliki Keinginan Besar

Rosululloh SAW mengajarkan doa ini untuk para sahabatnya ketika memiliki keinginan besar.

Berikut bacaan doanya:

حَسْبِيَ اللهُ لَآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ

Hasbiyalloohu laa ilaaha illaa Huwa ngalayhi tawakkaltu wa Huwa Robbul Ngarshil Ngadhim

"Alloh cukup bagiku. Tidak ada yang layak disembah selain Dia. Saya telah menaruh kepercayaan saya kepada-Nya, Dia adalah Penguasa Tahta Agung."

Barangsiapa yang membaca doa ini tujuh kali di pagi atau sore hari (ba'da subuh, ba'da ashar, dan saat magrib), maka Alloh niscaya akan mengabulkan keinginan umatnya. (HR Ibnu sunni - Abu Dawud)

Doa Saat Gelisah Karena Masalah Keluarga

Dalam sebuah riwayat Abdulloh ibn Mas'ud ra diterangkan bahwa Rosululloh SAW, selalu membaca doa ini saat merasa gelisah.

Doa ini juga dapat menghilangkan permasalahan dalam rumah tangga, seperti pertengkaran, karena masalah ekonomi, kesehatan bahkan sampai masalah perselingkuhan.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Ya Hayyu Ya Qoyyumu bi Rohmatika astaghith

"Wahai Robb Yang Maha Hidup, wahai Robb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan.

Membaca Surat Al-Kahfi

Salah satu keutamaan membaca Surat Al-Kahfi adalah dilindungi dari perasaan gelisah yang tidak tentu.

Wallahu A'lam.

Baca juga : Kumpulan Doa Mustajab para Wali Alloh


Itulah tadi hal-hal yang menjadi sebab kegelisahan dan kumpulan doa atau Dzikir pendek untuk mengatasi rasa gelisah yang tak menentu.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Kenali 9 Hal yang Menyebabkan Gelisah dan Bacalah Doa Mengatasi Kegelisahan Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Artikel Serupa:

Posting Komentar

Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.