Bacakan

Sholawat Tibil Qulub (Sholawat Syifa) Lengkap Arab Latin dan Arti serta Manfaatnya

Bacaan Sholawat Tibbil Qulub / Sholawat Syifa /Obat Hati Lengkap Arab Latin dan Arti serta Manfaatnya
Bacaan Sholawat Tibbil Qulub / Sholawat Syifa /Obat Hati Lengkap Arab Latin dan Arti serta Manfaatnya
Bacaan Sholawat Tibbil Qulub / Sholawat Syifa /Obat Hati Lengkap Arab Latin dan Arti serta Manfaatnya

Ada banyak macam Sholawat yang diciptakan oleh para Waliyulloh, sebagai bentuk Mahabbah kepada Junjungan Kita Nabi Muhammad SAW. Salah satunya Sholawat Tibbil Qulub atau Sholawat Syifa sebagai Obat Hati.

Dan di dalam Sholawat tibil qulub tersebut memiliki berbagai keutamaan dan fadhilah.

Kali ini akan kita bahas tentang bacaan dan manfaat serta fadhilah Sholawat Tibil qulub (Sholawat sifa / obat).

Sholawat Tibbil Qulub merupakan sholawat yang bertujuan untuk menenangkan hati dan pikiran. Bisa dilantunkan saat hati gelisah, was-was atau mengalami kegusaran. Selain itu Sholawat Tibbil Qulub juga bisa dibaca ketika badan sedang sakit.

Membaca sholawat menjadi bentuk kecintaan umat Islam kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca juga : Doa Nabi Muhammad Untuk sembuhkan bagian tubuh yang sakit

Sholawat ini juga menjadi sebuah harapan dan doa umat Islam agar kelak mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW di yaumul akhir.

Seperti Sholawat Tibbil Qulub ini, amalan yang diyakini sebagai doa agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit hati.

Sholawat Tibbil Qulub, adalah sholawat yang berupa doa agar diberi kesehatan dan dijauhkan dari penyakit hati, termasuk diberikan cahaya, yaknii cahaya kebenaran atau cahaya Islam.

Sholawat syifa tibbil qulub merupakan sholawat sebagai penawar atau obat, Syifa’ dalam sholawat tersebut bermakna obat atau penawar, baik obat hati maupun obat sakit dhohir badan, karena dalam bacaan tersebut terdapat kandungan tawasul kepada Junjungan Nabi Besar Muhammad SAW.

Sholawat tibil qulub memiliki khasiat untuk kesehatan jasmani dan rohani, penawar bagi segala penyakit tubuh dan segala penyakit hati, memberikan cahaya bagi segala mata dan sinarnya.

(Wa Nuuril Abshoori Wa Dhiyaiha) Sholawat Tibil Qulubi merupakah bentuk tawashul kepada Nabi agar mata bathin dan dzohir kita diberikan cahaya, ditunjukkan jalan yang lurus yang menyinari, dan dijauhkan segala maksiat terkait pandangan mata.

Demikian mengenai pembahasan singkat tentang khasiat, fadhilah bacaan sholawat tibbil qulub.

Untuk Fadhilah membaca sholawat nabi SAW selengkapanya silahkan baca artikel : Keutamaan Fadhilah Membaca Sholawat Nabi.

Bacaan Sholawat Tibil Qulub

Berikut teks dari bacaan Sholawat Thibbil Qulub :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Alloohumma sholli ngalaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wa dawaa-ihaa wa ngaafiyatil abdaani wa syifaa-ihaa wa nuuril abshoori wa dliyaa-ihaa wa ngalaa aalihii wa shohbihii wa sallim.

Ya Alloh limpahkan rohmat kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW. sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.

Dalam kitab Dakhirot al Muhtaj fi as Sholawat 'Ala Shohib al Liwa wa at Taj dijelaskan :

قال بعض العلماء: أما عددها فهو يوميا مائة مرة صباحا بعد صلاة الفجر ومساء بعد صلاة العصر وقبل صلاة المغرب، ولها هى تأثير عجيب فى علاج أمراض القلب وكثير من الأمراض . أما الذى فى الاقواس بالنسب للعدد، فهو زيادة ومن قرأها سبع مرات على ماء كان له تأثير عجيب جدا ومجرب فى علاج كل الأمراض بإذن الله تعالى

Berpendapat Sebagian para Ulama :
Bilangan membaca sholawat ini sebanyak 100 kali dalam sehari.
Bisa dibaca 100 kali di waktu pagi setelah sholat subuh, dibaca di waktu sore setelah sholat ashar dan sebelum sholat magrib.
Sholawat tersebut mempunyai pengaruh yang luar biasa di dalam menyembuhkan penyakit hati dan Berbagai penyakit lainnya.
Dan barang siapa yang membacanya sebanyak tujuh kali dan meniupkannya ke dalam air, maka air tersebut mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa di dalam menyembuhkan segala penyakit dengan kehendak dan izin Alloh Swt.

Hakikatnya adalah Alloh SWT yang maha menyembuhkan segala bentuk penyakit baik penyakit hati maupun segala penyakit yang disebabkan oleh wabah, virus dll.

Adapun dengan membaca sholawat ini adalah bentuk wasilah serta kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW Agar supaya Alloh SWT mengabulkan do’a dan keinginan kita untuk menyembuhkan segala wabah penyakit yang menjangkit, dan yang utama adalah debagia doa agar mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.

Muslim wajib Tahu... 20 Sifat wajib bagi Alloh SWT

Semoga menjadikan manfaat bagi anda semua. Wallohu 'alam.

Anda mungkin tertarik artikel ini:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Sholawat Tibil Qulub (Sholawat Syifa) Lengkap Arab Latin dan Arti serta Manfaatnya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.


Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.