Bacakan

Sholawat Ummi Lengkap Arab Latin dan Artinya

Bacaan Sholawat Ummy yang bersumber dari Hadits dan Keutamaan Membacanya di Hari Jumat
Bacaan Sholawat Ummy yang bersumber dari Hadits dan Keutamaan Membacanya di Hari Jumat
Bacaan Sholawat Ummy yang bersumber dari Hadits dan Keutamaan Membacanya di Hari Jumat

Membaca sholawat merupakan bukti rasa cinta umat Muslim kepada Nabi Muhammad SAW. Selain sebagai bentuk cinta kepada Rosululloh, membaca sholawat juga termasuk salah satu cara seorang hamba mendekatkan diri kepada Alloh SWT.

Banyak manfaat yang akan didapat seorang Muslim apabila ia rutin mengamalkan bacaan sholawat. Apalagi jika sholawat tersebut diamalkan pada waktu-waktu yang mustajab seperti hari Jumat.

Salah satu keutamaannya adalah mendapat 10 kali lipat rahmat atau kebaikan dari Alloh SWT. Berkenaan dengan hal ini, Rosululloh SAW bersabda:

“Perbanyaklah membaca sholawat kepadaku di hari atau malam Jumat, karena sesungguhnya barangsiapa yang bersholawat kepadaku satu kali, maka Alloh akan membalasnya dengan rahmat sepuluh kali lipat.” (HR. Muslim)

Sumber Sholawat Ummy

Ada banyak macam sholawat yang bisa diamalkan, salah satunya adalah Sholawat Ummi yang bisa dibaca pada hari atau malam Jumat. Berikut bacaan lengkapnya dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya, seperti dikutip dari Hadits Ahmad Nomor 16455.

حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ حَدَّثَنَا أَبِي عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ قَالَ وَحَدَّثَنِي فِي الصَّلَاةِ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا الْمَرْءُ الْمُسْلِمُ صَلَّى عَلَيْهِ فِي صَلَاتِهِ مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ التَّيْمِيُّ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَبْدِ رَبِّهِ الْأَنْصَارِيِّ أَخِي بَلْحَارِثِ بْنِ الْخَزْرَجِ عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ عُقْبَةَ بْنِ عَمْرٍو قَالَ أَقْبَلَ رَجُلٌ حَتَّى جَلَسَ بَيْنَ يَدَيْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَحْنُ عِنْدَهُ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَمَّا السَّلَامُ عَلَيْكَ فَقَدْ عَرَفْنَاهُ فَكَيْفَ نُصَلِّي عَلَيْكَ إِذَا نَحْنُ صَلَّيْنَا فِي صَلَاتِنَا صَلَّى اللَّهُ عَلَيْكَ قَالَ فَصَمَتَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى أَحْبَبْنَا أَنَّ الرَّجُلَ لَمْ يَسْأَلْهُ فَقَالَ إِذَا أَنْتُمْ صَلَّيْتُمْ عَلَيَّ فَقُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Telah menceritakan kepada kami [Ya'qub] Telah menceritakan kepada kami [bapakku] dari [Ibnu Ishaq] berkata; dan Telah menceritakan kepadaku tentang sholawat atas Rosululloh Shollallohu 'alaihi wasallam jika ada seorag muslim bersholawat tatkala dalam sholatnya, [Muhammad bin Ibrohim bin Al Harits At-Taimi] dari [Muhammad bin Abdullah bin Zaid bin Abdu Rabbihi Al Anshari] saudara Balharits bin Al Khajraj, dari [Abu Mas'ud, Uqbah bin 'Amr Al Anshari] berkata; ada seorang laki-laki yang datang sehingga dia duduk di depan Rosululloh Shollallohu 'alaihi wasallam, dan kami pada saat sedang berada di samping beliau. Lalu orang itu berkata; "Wahai Rosululloh, berkenaan ucapan salam terhadap anda kami telah mengetahuinya, lalu bagaimana kami harus mengucapkan sholawat atas anda saat kami sholat?." (Abu Mas'ud, Uqbah bin 'Amr Al Anshari Rodliyallohu 'anhu) berkata; "Lalu Rosululloh Shollallohu 'alaihi wasallam diam sampai kami berandai-andai jika si laki-laki tadi tidak menanyakannya." Lalu beliau bersabda: "Jika kalian hendak mengucapkan sholawat atasku, maka bacalah: Allohumma Sholli Ngala Muhammad An-Nabiyil Umi Wa Ngala Ali Muhammad. Kama Shollaita Ngala Ibrohim dan Keluarga Ibrohim. Wa Barik Ngala Muhammad Wa Ngala Ali Muhammad An-Nabiyil Umi Kama Barokta Ngala Ibrohim Wa Ngala Ali Ibrohim Fil Ngalamina Innaka Hamidum Majid (ya Alloh, berilah rahmat kepada Muhammad, Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis dan keluarganya. Dan berilah berkah kepada Muhammad Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrohim dan keluarganya. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji dan Maha Agung).

Bacaan Sholawat Ummy

Bacaan Sholawat Ummy Lengkap

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Allohumma Sholli Ngala Muhammad An-Nabiyil Umi Wa Ngala Ali Muhammad. Kama Shollaita Ngala Ibrohim dan Keluarga Ibrohim. Wa Barik Ngala Muhammad Wa Ngala Ali Muhammad An-Nabiyil Umi Kama Barokta Ngala Ibrohim Wa Ngala Ali Ibrohim Fil Ngalamina Innaka Hamidum Majid.

Ya Alloh, berilah rahmat kepada Muhammad, Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis dan keluarganya. Dan berilah berkah kepada Muhammad Nabi yang tidak bisa membaca dan menulis, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrohim dan keluarganya. Sesungguhnya engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.

Bacaan Sholawat Ummy Ringkas

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدِ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلىَ آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْماً

Allohumma sholli ngala muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa ngala aalihii wa shohbihii wa sallim tasliiman.

Ya Alloh, limpahkan rahmat atas Nabi Muhammad yang ummi serta keluarganya, dan berilah mereka keselamatan.

Keutamaan Sholawat Hari Jumat

Terdapat satu keutamaan khusus yang Alloh SWT berikan kepada umat Muslim yang mengamalkan Sholawat Ummi, yaitu akan diampuni dosanya selama 80 tahun. Keutamaan ini termaktub dalam hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah bahwasannya Rosululloh SAW bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

"Barangsiapa yang bersholawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Alloh mengampuni dosanya selama 80 tahun." Ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rosululloh, bagaimana cara bersholawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah 'Allohumma sholli ngala Muhammadin ngabdika wa Rosulikan Nabiyyil Ummiy', ini dihitung sekali".

Anda mungkin tertarik artikel ini:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Sholawat Ummi Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.


Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.