Bacakan

Sholat Tahajud Lengkap Panduan dan Niat Arab Latin dan Artinya beserta Doa Sholat Tahajud

Panduan dan Tatacara serta Niat Sholat Tahajud Lengkap Pengertian, Dalil, Waktu Pelaksanaan serta Bacaan Doa dan Keutamaannya
Bacaan Niat Sholat Tahajud 2 dan 4 Rokaat Arab Latin serta Artinya
Bacaan Niat Sholat Tahajud 2 dan 4 Rokaat Arab Latin serta Artinya

Panduan Sholat Tahajud – Sholat Tahajud atau Sholat Malam adalah salah satu bentuk ibadah sunnah yang tidak pernah ditinggalkan Nabi Muhammad SAW. Barang siapa yang rutin menunaikan ibadah sholat tahajud, maka Alloh SWT akan memudahkan segala urusan hidupnya, dijauhkan dari kesengsaraan, kesulitan hidup, serta dimuliakan hidupnya.

Sholat tahajud biasanya dilaksanakan pada sepertiga malam, ketika manusia lain tertidur dalam keheningan. Meskipun Sholat ini adalah amalan sunnah, namun Alloh SWT menjanjikan banyak kebaikan dalam ibadah ini. Untuk mengetahui tata cara dan manfaat dari sholat tahajud, simak penjelasan berikut ini:

Daftar Isi Artikel:

Pengertian Sholat Tahajud

Tahajud berasal dari kata kerja ‘tahajjada’ yang berarti tetap terjaga di malam hari, berjaga malam. Imam Syafi’i menyatakan bahwa sholat di malam hari, baik sebelum tidur atau sesudah tidur dan sholat witir disebut sholat tahajud.

Orang yang melakukan ibadah tahajud disebut dengan mutahajjid. Sholat tahajud digolongkan sebagai “sunnatun rootibun mu-akaadah” atau ibadah sunnah yang diatur berdasarkan waktunya.

Ada banyak ayat di dalam Al-Quran yang mendorong ibadah malam ini dan ayat-ayat lain yang menunjukkan ibadah semacamnya namun ibadah ini harus tetap dilakukan dengan ikhlas, tanpa paksaan karena hukumnya sunnah.

Umat islam yang melaksanakan ibadah tahajud sebagai bentuk untuk meniru Nabi Muhammad SAW yang tetap berjaga di malam hari bahkan setelah melaksanakan sholat lima waktu. Di dalam fiqih islam, mencegah seseorang yang ingin sholat tahajud sebanyak mungkin akan dianggap tercela.

Selama bulan Romadhon, tahajud dianggap memiliki nilai yang lebih sehingga umat Islam sering menghabiskan malam-malam di bulan Romadhon untuk membaca Al-Quran, tahajud hingga waktu subuh tiba. Bahkan, di beberapa negara, adzan untuk panggilan sholat malam juga dikumandangkan.

Umumnya, mengamalkan sholat tahajud juga diikuti dengan sholat witir. Witir adalah istilah yang diberikan untuk satu rokaat yang terpisah ketika menjalankan ibadah sholat, atau nama yang diberikan untuk sholat atau rokaat yang jumlahnya ganjil seperti lima, tujuh atau sembilan rokaat. Sholat Witir adalah penutup dari sholat di malam hari.

Anjuran Sholat Tahajud

Anjuran untuk melaksanakan sholat tahajud ini tercantum dalam QS. Al-Isro ayat 79 sebagaimana berikut:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

"Dan dari sebagian malam sholat tahajudlah kamu (Muhammad ) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji" (QS. al-Isro: 79).

Waktu Sholat Tahajud

Al Hafiz Ibnu Hajar Al Asqolani telah menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak memiliki waktu yang pasti untuk melakukan sholat tahajud, hanya mengikuti waktu yang menurutnya mudah untuk dilakukan. Namun, waktu terbaik adalah kita harus menunda sampai sepertiga malam terakhir.

Abu Muslim bertanya pada Abu Dzar, “Jam berapa yang terbaik bagi kita untuk menunaikan sholat di malam hari?” Abu Dzar menjawab, “Aku pernah bertanya pada Rosululloh seperti yang kau tanyakan padaku. Utusan itu menjawab ‘Lewat tengah malam dan sedikit dari mereka yang melakukannya.'”

Pembagian waktu sepertiga malam terbaik untuk sholat tahajud ini dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Sepertiga malam pertama dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB, ini merupakan waktu yang utama.
  2. Sepertiga malam kedua dimulai pada pukul 22.00 WIB hingga 01.00 WIB, ini merupakan waktu yang paling utama.
  3. Sepertiga malam terakhir dimulai pada pukul 01.00 WIB hingga 04.00 WIB, yang mana ini merupakan waktu yang paling utama.

Tata Cara Sholat Tahajud

Berikut ini tatacara melaksanakan sholat tahajud lengkap:

  1. Niat (dalam hati) untuk menjalankan sholat tahajud karena Alloh SWT.
  2. Takbirotul ihrom yang dibarengi dengan membaca niat sholat tahajud, berikut ini bacaan niat sholat tahajud lengkap arab latin dan artinya:

    Niat Sholat Tahajud

    اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

    Ushollii sunnatat tahajjudi rokngataini mustaqbilal qiblati lillahi tangalla.

    "Aku menyengaja sholat sunnah Tahajud dua rokaat menghadap qiblat karena Alloh ta’ala."

    Apabila kalian ingin melaksanakan sholat tahajud 4 rokaat maupun 6 rokaat dan seterusnya, maka lafadz niat tetap sama seperti lafadz niat tersebut dengan dilaksakan 2 rokaat 1 kali salam.

  3. Membaca doa iftitah.
  4. Membaca surah Al-Fatihah.
  5. Dilanjutkan dengan membaca surah apa pun salam Al-Qur'an.
  6. Rukuk dan tuma'ninah.
  7. I'tidal dan tuma'ninah.
  8. Sujud dengan tuma'ninah.
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.
  10. Kembali melakukan sujud dengan tuma'ninah.
  11. Kembali melakukan takbir dan menjalankan poin nomor 4-10 untuk rokaat kedua.
  12. Duduk tasyahud akhir.
  13. Membaca doa tasyahud akhir yang disertai dengan sholawat Nabi Muhammad SAW.
  14. Salam.
  15. Dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat tahajud.
  16. Panjatkan doa berisikan segala harapan kepada Alloh SWT.
  17. Dilanjutkan dengan sholat witir tiga rokaat.

Doa Sholat Tahajud

Salah satu keutamaan sholat tahajud yaitu dimudahkan segala urusan dan terkabulnya segala doa dan harapan. Agar sholat tahajud lebih sempurna, akan lebih baik jika Anda mengamalkan doa yang dibaca oleh Rosululloh .

Berikut ini adalah doa sholat Tahajud lengkap arab latin dan artinya yang bisa diamalkan sebagaimana yang diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi, sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللّٰهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ.

Alloohumma robbanaa lakal hamdu. Anta qoyyimus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta maalikus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa‘dukal haqq. Wa liqoo-uka haqq. Wa qouluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naaru haqq. Wan nabiyyuuna haqq. Wa Muhammadun shollalloohu alaihi wasallama haqq. Was saangatu haqq. Alloohumma laka aslamtu. Wa bika aamantu. Wa ngalaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khooshomtu. Wa ilaika haakamtu. Fagfirlii maa qaddamtu, wa maa akh khortu, wa maa asrortu, wa maa a‘lantu, wa maa anta a‘lamu bihi minnii. Antal muqaddimu wa antal mu-akhkhiru. Laa ilaaha illaa anta. Wa laa haula, wa laa quwwata illaa billaah.

Ya Alloh, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Alloh.

Keutamaan Sholat Tahajud

Beberapa keutamaan sholat Tahajud dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Di antaranya seperti:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Dan dari sebagian malam sholat tahajudlah kamu (Muhammad ) dengan membaca Al-Qur’an (di dalamnya) sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu menempatkanmu pada tempat yang terpuji. (QS al-Isro: 79).

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَرْفَعُهُ. قَالَ: سُئِلَ أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ صِيَامُ شَهْرِ اللهِ الْمُحَرَّمِ . (رواه مسلم)

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh ra, dan ia marfu’kan kepada Nabi Muhammad , ia berkata: ‘Nabi ditanya sholat apa yang paling utama setelah sholat Maktubah dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Romadhon?’ Lalu Nabi menjawab: ‘Sholat paling utama setelah sholat Maktubah adalah sholat di tengah malam dan puasa paling utama setelah puasa bulan Romadhon adalah puasa bulan Alloh, Muharom. (HR Muslim).

عَنْ أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيِّ، عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ. وَهُوَ قُرْبَةٌ لَكُمْ إِلَى رَبِّكُمْ وَمُكَفِّرٌ لِلسَّيِّئَاتِ وَمَنْهَاةٌ عَنِ الْإِثْمِ. رواه الحاكم وقال: هذا حديث صحيح على شرط البخاري)

Diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili ra, dari Rosululloh , beliau bersabda: ‘Kalian lakukanlah terus qiyamyul lail (dengan melakukan sholat Tahajud), karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian. Qiyamul lail (dengan melakukan sholat Tahajud) merupakan ibadah kalian kepada Tuhan kalian, melebur berbagai kesalahan dan mencegah dari dosa. (HR. al-Hakim dan ia berkata, “Ini adalah hadits shohih sesuai syarat al-Bukhori).

Sholat tahajud rokaat pertama surat apa?

Jumlah rokaat sholat tahajud tidak dibatasi, tetapi paling sedikit dua rokaat. Yang paling utama adalah 11 rokaat atau 13 dengan tiga rokaat sholat witir. Pada rakaat pertama, setelah Al Fatihah dianjurkan untuk membaca surat-surat pendek seperti Surat Al Falaq atau Surat Al Baqoroh ayat 284-285.

Apakah sholat tahajud sama seperti sholat biasa?

Dalam pelaksanaannya pun harus dilakukan dengan cara yang benar, sesuai dengan sunah. Tata cara sholat tahajud sesuai sunah sebenarnya sama seperti sholat pada umumnya. Perbedaannya terletak pada waktu, niat, dan jumlah rokaat yang dijalankan.

Berapa rokaat sholat tahajud yang benar?

Sholat tahajud dikerjakan 2 rokaat 2 rokaat dengan jumlah tak terbatas. Namun, sholat tahajud berapa rokaat ini juga perlu melihat bagaimana Rosululloh SAW melaksanakannya.

Apakah sholat tahajud 2 rokaat harus ditutup dengan witir?

Tata cara sholat tahajud 11 rokaat lazimnya dikerjakan 2 rokaat, 2 rokaat (2 rokaat sebanyak 4 kali), kemudian ditutup dengan sholat witir sebanyak 3 rokaat. Sholat witir adalah sholat sunnah dengan jumlah rokaat ganjil yang dikerjakan untuk menutup ibadah sholat sunnah yang dikerjakan hari itu.


Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Sholat Tahajud Lengkap Panduan dan Niat Arab Latin dan Artinya beserta Doa Sholat Tahajud, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.