{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?
Bacakan

Hadits tentang Amalan-Amalan Sunnah pada Hari Raya Idul Adha

Kumpulan Amalan Sunnah Hari Raya Qurban Idul Adha
Kumpulan Amalan Sunnah Hari Raya Qurban Idul Adha
Amalan Sunnah Hari Raya Idul Adha

Berikut ini hadits mengenai amalan-amalan sunnah di Hari Raya Idul Adha:

عَنْ اَبِى هُرَيْرَةَ : أَنْ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : اَلصَّوْمُ يَوْمُ تَصُوْمُوْنَ، وَالْفِطْرُ يَوْمَ تُفْطِرُوْنَ وَاْلأَضْحَى يَوْمَ تُضَحُّوْنَ

“Dari Abi Huroiroh (ia berkata): Bahwasanya Nabi shollallohu 'alaihi wa sallam telah bersabda. “Shoum/puasa itu ialah pada hari kamu berpuasa, dan (Idul) Fithri itu ialah pada hari kamu berbuka. Dan (Idul) Adha (yakni hari raya menyembelih hewan-hewan kurban) itu ialah pada hari kamu menyembelih hewan“.

[Hadits Shohih. Dikeluarkan oleh Imam-imam : Tirmidzi No. 693, Abu Dawud No. 2324, Ibnu Majah No. 1660, Ad-Daruquthni 2/163-164 dan Baihaqy 4/252]

Pelajaran yang terdapat di dalam hadist :

Idul Qurban atau Idul Adha adalah salah satu hari raya umat Muslim yang ditetapkan oleh agama. Di hari tersebut, disyariatkan ibadah udhiyah atau dikenal dengan ibadah qurban, yaitu menyembelih hewan qurban dengan aturan tertentu, dalam rangka taqorrub kepada Alloh Ta’ala.

Di hari itu juga disyariatkan bahkan dianjurkan untuk berbahagia dan bergembira ria.

Daftar Isi Artikel:

Sunnah-Sunnah di Hari Idul Adha

Mandi Sunnah

Dalilnya:

أن رجلا سأل عليا، رضي الله عنه، عن الغسل، فقال: غتسل كل يوم إن شئت، قال: لا بل الغسل, قال اغتسل كل يوم جمعة، ويوم الفطر، ويوم النحر، ويوم عرفة

“Seorang lelaki bertanya kepada Ali rodhiyallohu ’anhu tentang mandi, ia menjawab: ‘Mandilah setiap hari jika engkau mau’. Lelaki tadi berkata: ‘bukan itu, tapi mandi yang benar-benar mandi’. Ali menjawab: ‘Mandi di hari Jum’at, Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arofah’”. (HR. Al Baihaqi)

Memakai Pakaian yang Terbaik

Sebagaimana diriwayatkan dari Nafi’:

أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَلْبَسُ فِي الْعِيدَيْنِ أَحْسَنَ ثِيَابِهِ

“Ibnu Umar biasa mengenakan bajunya yang terbaik pada Idul Fitri dan Idul Adha”. (HR. Al Baihaqi 6143, dishohihkan Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 2/510)

Jangan Makan Sebelum Sholat Id

Tidak makan hingga kembali dari sholat Id. Dalilnya hadits Buroidah:

كان رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلم لا يخرجُ يومَ الفطرِ حتَّى يَطعَم ، ويومَ النحرِ لا يأكل حتَّى يرجعَ فيأكلَ من نَسِيكتِهِ

“Nabi Shollallohu ’alahi Wasallam biasanya tidak keluar pada hari Idul Fitri hingga makan terlebih dahulu, dan tidak makan pada hari Idul Adha hingga beliau kembali dari sholat, lalu makan dengan daging sembelihannya”. (HR. Muslim 1308)

Memilih Jalur Lain ke Masjid

Mengambil jalan yang berbeda ketika pergi sholat Id. Dalilnya hadits Jabir:

كان النبي – صلى الله عليه وسلم – إذا كان يوم عيدٍ خالَفَ الطريقَ

“Nabi Shollallohu ’alahi Wasallam biasanya ketika hari Id mengambil jalan yang berbeda antara pulang dan pergi”. (HR. Bukhori 986)

Segera Melaksanakan Sholat Id

Sebagian ulama menganjurkan untuk menyegerakan pelaksanaan sholat Idul Adha, dengan kata lain jika dimulai lebih pagi itu lebih baik. Diriwayatkan secara mursal bahwa:

كتَب إلى عمرِو بنِ حزْمٍ وهو بنَجْرانَ عجِّلِ الأضحى وأخِّرِ الفطرَ وذكِّرِ الناسَ

“Nabi Shollallohu ’alahi Wasallam mengirim surat kepada Amr bin Hazm ketika ia di Najran agar ia menyegerakan sholat Idul Adha dan mengakhirkan sholat Idul Fitri dan mengingatkan manusia”. (HR. Al Baihaqi 3/282).

Pada Idul Fitri tujuannya untuk melonggarkan waktu pembayaran zakat fitri, sedangkan pada Idul Adha untuk menyegerakan penyembelihan sehingga waktunya lebih luas. (Mulakhash Fiqhi, 1/270)

Ayat Al-Quran tentang Qurban

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-qur'an :

  1. Al-Udhiyah atau an-nusuk atau an-nahr atau biasa disebut ibadah qurban adalah ibadah yang agung yang diperintahkan oleh Alloh Ta’ala. Ia berfirman:

    فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

    “Sholatlah kepada Robb-mu dan berqurbanlah”. (QS. Al-Kautsar: 2)

  2. Hewan yang disembelih dalam ibadah qurban adalah Bahimatul An’am, yaitu Unta, Sapi, Kerbau, Kambing, dan Domba.

    وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

    “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Alloh terhadap bahimatul an’am yang telah direzekikan Alloh kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Alloh)”. (QS. Al Hajj: 34)


Demikian artikel mengenai Hadits dan Al-Qur'an tentang Amalan-Amalan Sunnah yang bisa kalian kerjakan pada hari raya Idul Adha. Semoga bermanfaat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Hadits tentang Amalan-Amalan Sunnah pada Hari Raya Idul Adha, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Artikel Serupa:

1 komentar

  1. Sangat bermanfaat
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.