{{ date }}
{{ time }}
Sudah SHOLAT kah Anda?
Bacakan

Amalan dan Doa Khusus Di Malam Hari Raya Idul Fitri Lengkap Arab Latin dan Artinya

5 Amalan Kusus Di Malam Hari Raya Idul fitri
Amalan Khusus Di Malam Hari Raya Idul Fitri
Amalan Khusus Di Malam Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri segera tiba, pada hari-hari menjelang idul fitri Orang-orang seperti begitu banyak kesibukan. Tidak lain hanya untuk menyambut Hari Kemenangan (Idul Fitri).

Dari kesibukan mereka dalam rangka menyambut idul fitri, tidak jarang banyak diantara mereka lupa, jika di malam Hari raya idul fitri terdapat amalan-amalan khusus yang memiliki banyak ke utamaan.

Dan menghidupkan malam Hari raya Idul fitri adalah salah satu wujud ketakwaan yang kita raih saat bulan Romadhon. Berbagai cara atau Amalan khusus yang bisa di lakukan untuk menghidupkan malam Idul Fitri adalah dengan takbir dan ibadah lainnya.

Daftar Isi Artikel:

Doa Agar di Pertemukan Kembali dengan Romadhon

Dengan berakhirnya Ramadhan di tahun ini, Seorang mukmin pasti akan merasa sedih jika bulan Ramadhan akan berakhir. Dari itu kita di anjurkan membaca doa agar di pertemukan lagi dengan bulan Romadhon.

Doa utama yang terucap salah satunya adalah agar dipertemukan kembali dengan Romadhon tahun-tahun berikutnya.

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَلاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Alloohumma laa tajngalhuu aakhirol ngahdi min Shiyaaminaa Iyyaahu, fa-in jangaltahu fajngalnii markhuuman wa laa tajngalnii markhuuman.

"Ya Alloh, janganlah kau jadikan bulan Romadhon ini sebagai Bulan Romadhon terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Romadhon terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi."

Doa Mohon Ibadah Puasa Diterima

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صِيَامَنَا وَقِيَمَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتِلَاوَتَنَا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Robbanaa Taqobbal Minna Shiyaamanaa Wa Qiyaamanaa Wa Rukuunganaa Wa Sujuudanaa Wa Tilaawatanaa Innakaa Antas Samiingul Ngaliim.

"Wahai Tuhan kami, terimalah puasa kami, sholat kami, ruku' kami, sujud kami dan tilawah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Keutamaan Menghidupkan Malam Idul fitri

Rosululloh SAW bersabda :

مَنْ قَامَ لَيْلَتَىِ الْعِيدَيْنِ لِلهِ مُحْتَسِبًا لَمْ يَمُتْ قَلْبُهُ يَوْمَ تَمُوتُ الْقُلُوبُ. (رواه الشافعي وابن ماجه)

“Siapa saja yang qiyamul lail pada dua malam Id (Idul Fitri dan Idul Adha) karena Alloh demi mengharap ridho-Nya, maka hatinya tidak akan mati pada hari di mana hati manusia menjadi mati.” (HR As-Syafi’i dan Ibn Majah)

Berikut Keutamaan amalan pada malam Hari Raya (Idul Adlha dan Idul Fitri).

Dalam kitab Kanzun Najjah wa Syurur, di riwayatkan dalam sebuah Hadits.

Orang yang menghidupkan malam hari raya mereka selalu di Hidupkan Hatinya di Hari semua Hati mati

Hati yang hidup berarti adalah hati yang selalu ingat akan Alloh, dapat menuntun pikiran dan perbuatan kita, yaitu menjadi kendali dalam menjalani kehidupan

Nabi Muhammad SAW bersabda:

عن عبادة بن الصامت رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: “من أحيا ليلة الفطر وليلة الأضحى لم يمت قلبه يوم تموت القلوب” رواه الطبراني في الكبير والأوسط.

"Dari Ubadah Ibn Shomit r.a. Sungguh Rosululloh SAW bersabda: Barangsiapa menghidupkan malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha, hatinya tidak akan mati, di hari matinya hati." (HR. Thobaroni).

عن أبي أمامه رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : “من قام ليلتي العيدين محتسباً لم يمت قلبه يوم تموت القلوب”. وفي رواية “من أحيا” رواه ابن ماجه

"Dari Abi Umamah r.a, dari Nabi SAW, bersabda: Barangsiapa menegakkan dua malam Hari Raya dengan hanya mengharap Alloh, maka hatinya tidak akan mati pada hari matinya hati." (HR. Ibnu Majah).

Maksud ‘hati tidak akan mati’ dalam hadits ini adalah hati tidak akan mengalami kebingungan di saat banyak orang mengalaminya, yaitu pada saat sakarotul maut, saat ditanya oleh dua malaikat (di alam barzakh), dan ketika hari kiamat.

وَمَعْنَى عَدَمِ مَوْتِ قَلْبِهِ عَدَمُ تَحَيُّرِهِ عِنْدَ النَّزَعِ وَعِنْدَ سُؤَالِ الْمَلَكَيْنِ وَفِي الْقِيَامَةِ. بَلْ يَكُونُ مُطْمَئِنًّا ثَابِتًا فِي تِلْكَ الْمَوَاضِعِ.

“Makna ‘tidak mati hati orang yang menghidupkan malam hari raya’ adalah tidak bingung hatinya ketika naza’ (sakarotul maut), ketika ditanya oleh dua malaikat (di alam barzakh), dan di hari kiamat. Bahkan hatinya tenang penuh keteguhan pada momen-momen tersebut.

Amalan Khusus Malam Hari Raya

Amalan Khusus Malam Hari Raya Idul Fitri
Amalan Khusus Malam Hari Raya Idul Fitri

Amalan khusus ini juga di anjurkan di Amalkan pada dua hari Raya idul fitri dan idul adha.

Bagaimana cara menghidupkan / menegakkan dua hari raya itu?

Amalan Apa saja yang bisa kita kerjakan di malam hari raya?

Berikut Amalan dan cara menghidupkan malam Hari Raya Idul fitri dan idul Adha.

Sholat Isya Berjamaah

Syaikh Al Hafni berkata: Ukuran minimal menghidupkan malam bisa dengan Sholat Isya’ berjama’ah dan meniatkan diri untuk jama’ah Sholat Shubuh pada besoknya. Atau memperbanyak sholat sunnah dan bacaan-bacaan dzikir. Hal ini akan dirasa sulit karena kebanyakan orang justru sibuk mempersiapkan untuk esok hari, bahkan banyak di antara anak - anak muda yang justru bersenang-senang di luaran.

Memperbanyah membaca Istighfar

Pada Malam Hari raya di anjurkan untuk memohon ampunan kepada Alloh dengan membaca Istighfar 100 Kali.

Barangsiapa membaca istighfar seratus kali (100×) setelah Sholat Shubuh di pagi Hari Raya, maka akan dihapus dosa-dosanya di dalam buku catatannya, dan pada hari kiamat akan aman dari siksa (Riwayat syaikh Al Wanna'i)

Baca : Doa Sayidul Istighfar dan Keutamaanya

Membaca Dzikir Subhanalloh wa Bihamdih

Pada Umumnya Amalan di malam Hari raya adalah memperbanyak takbirdan takhmid, namun jangan lupa untuk membaca Tasbih sebanyak 100 kali, sehabis sholat isya ataupun Subuh dan niatkan hadih untuk para Ahli kubur.

سبحان الله وبحمده

Subhaanalloh wa bihamdihi (100×).

Baca bacaan tasbih tersebut 100x pada hari raya, dan menghadiahkan pahalanya untuk ahli kubur, maka para ahli kubur berkata, ”Wahai Dzat Yang Maha Penyayang, rahmatilah ia, dan jadikanlah ia ahli surga" (Syaikh Al Wanna'i)

Membaca Takhmid dan Taqdis

Dari Sahabat Annas, dari Nabi SAW, (yang artinya): Hiasilah dua hari raya dengan tahlil, taqdis, tahmid dan takbir”.

Hadits Nabi SAW : Barangsiapa yang membaca:

سبحان الله وبحمده

Subhaanallah wa bihamdihi (300×).

Dan ia menghadiahkan untuk muslimin yang sudah wafat, maka seribu cahaya akan masuk di setiap kuburan, dan Alloh akan memasukkan seribu cahaya ke kuburnya jika ia meninggal (Tukhfatul ikhwan)

Membaca Tahlil

Syaikh Az Zuhri berkata: Sahabat Anas r.a. berkata, Nabi SAW dawuh (yang artinya): Barangsiapa di dua hari raya mengucapkan:

لا اله الا الله وحده لا شريك له، له الملك و له الحمد يحي و يميت و هو حي لا يموت بيده الخير وهو على كل شيئ قدير

Baca sebanyak 400 kali sebelum Sholat ‘Ied, maka Alloh SWT akan menikahkannya dengan 400 bidadari, seakan memerdekakan 400 budak, dan Alloh SWT mewakilkan para malaikat untuk membangun kota-kota dan menanam pohon-pohon untuknya di hari kiamat.

Membaca Doa Agar di pertemukan lagi dengan Romadhon

Amalan membaca doa akhir tahun romadhon agar bisa di pertemukan kembali dengan bulan yang penuh keberkahaan.

Bacaan doanya ad adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَلاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Alloohumma laa tajngalhuu aakhirol ngahdi min Shiyaaminaa Iyyaahu, fa-in jangaltahu fajngalnii markhuuman wa laa tajngalnii markhuuman.

"Ya Alloh, janganlah kau jadikan bulan Romadhon ini sebagai Bulan Romadhon terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Romadhon terakhirku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi."

Beliau Syaikh Az Zuhri berkata: “Aku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Sahabat Anas r.a. Dan Anas r.a. dahulu juga berkata: “Aku tidak pernah meninggalkannya semenjak aku mendengarnya dari Nabi SAW.”

Baca juga : Tata cara memperoleh lailatul qodar

Hikmah dari menghidupkan malam hari raya adalah Memperoleh nur ibadah pelakunya dapat memancar sepanjang hari dan terhindar dari kelalaian akibat begitu bahagianya di hari tersebut, apalagi jika kita malah justru mnghabiskan malam hari raya dengan berfoya-foya atau melakukan hal hal yang mubah, yang demikian itu adalah golongan orang-orang yang rugi.

Dan orang yang menghabiskan malam hari raya untuk tidur semalam suntuk atau melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat lalai dari Tuhannya, maka ia akan terjerumus dalam kelalaian di sepanjang hari.


Demikian tadi Amalan-Amalan khusus malam hari raya idul adha dan idul fitri yang seyogyanya bisa kita sekalian amalkan, sehingga kita tergolong orang yang tidak terlena dalam kebahagian Hari Raya Idul fitri. Dan semoga kita Setelah sebulan penuh menjalani puasa Romadhon, sholat tarowih, witir dan ibadah lainnya, harapnya semua ibadah tersebut dapat semakin memperkokoh ketakwaan kita sesuai dengan semangat Al-Qur’an ‘La’allakum tattaqun’ (Al-Baqoroh: 183)

Aamiin Ya Robbal 'alamiin.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Amalan dan Doa Khusus Di Malam Hari Raya Idul Fitri Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Artikel Serupa:

Posting Komentar

Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.