Bacakan

Kumpulan Doa Tolak Balak Lengkap Arab Latin dan Artinya

Kumpulan Bacaan Doa Tolak Balak untuk Keselamatan dan Kesehatan serta Kesejahteraan
Kumpulan Bacaan Doa Tolak Balak Lengkap Arab Latin dan Artinya
Kumpulan Bacaan Doa Tolak Balak untuk Keselamatan dan Kesehatan serta Kesejahteraan

Setiap orang pasti tidak menginginkan musibah datang menimpa dirinya. meski hal tersebut tidak kita inginkan yang namanya musibah bisa datang kapanpun dan dimanapun tanpa bisa kita duga, jika Alloh sudah berkehendak semuanya pasti akan terjadi.

Walau demikian sebagai seorang muslim kita dianjurkan untuk berikhtiar dan berdoa kepada Alloh SWT memohon keselamatan dari segala musibah yang sedang terjadi maupun yang akan datang. Salah satunya dengan membaca doa tolak bala, pasti sudah sering mendengar mengenai doa ini. Doa tolak bala merupakan bacaan doa yang di peruntukan agar terhindar dari segala macam bencana, musibah, malapetaka, maupun hal-hal buruk lainnya.

Daftar Isi Artikel:

Anjuran untuk berdoa meminta pertolongan dari Alloh SWT, terdapat dalam QS. Ash Shoffat ayat 143:

فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

"Maka jika sekiranya dia (Nabi Yunus) tidak termasuk orang-orang yang banyak berdzikir (bertasbih) kepada Alloh, niscaya dia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit." (QS Ash Shoffat: 143)

Diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Imam Bukhari, Rosululloh SAW bersabda:

عَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

"Berlindunglah kalian kepada Alloh dari kerasnya musibah, turunnya kesengsaraan yang terus menerus, buruknya qodho serta kesenangan musuh atas musibah yang menimpa kalian."

Sebuah lantunan Doa merupakan bentuk ikhtiar dari umat muslim untuk memohon kepada Alloh SWT agar senantiasa terhindar dari musibah dan penyakit.

karena Doa juga merupakan wujud dari seorang hamba yang menjalankan perintah Alloh.

Dalam QS. Al Mukmin ayat 60 Alloh SWT berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Robbmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina." (QS. Al Mukmin: 60).

Berikut ini kumpulan Doa Tolak Bala dan Doa agar dijauhkan dari penyakit lengkap arab latin dan artinya:

Doa Terhindar dari Penyakit

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allohumma inni angudzu bika minal baroshi, wal jununi, wal judzami, wa sayyi-il asqomi.

"Ya Alloh, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan dari keburukan segala segala macam penyakit." (HR Abu Daud dan Ahmad).

Doa Terhindar dari Wabah

Sejak dari zaman Rosululloh, Bencana Atau wabah juga pernah terjadi, dimasa itu Nabi memerintahkan para sahabatnya untuk tidak mendekati sebuah kota atau kaum yang sedang dilanda wabah dan mengajarkan beberapa doa tolak bala dan doa agar terhindar dari wabah penyakit menular atau virus.

Rosululloh SAW menganjurkan bacaan doa tolak bala dan doa agar terhindar dari wabah yang berbunyi :

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru mangas mihii syai-un fil ardhi walaa fis samaa-i wahuwas samiingul ngaliim.

"Dengan menyebut nama Alloh yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui)." (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Doa Penolak Balak dan Gelisah

Selain doa di atas, ada juga doa tolak bala yang dapat dipanjatkan dan merupakan ajaran Nabi SAW :

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَافَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَااَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ

Allohumma bihaqqil Fatihah, Wasirril fatihah, Yaa Faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghumma, Yaa Man li ngibaadihi yaghfiru wa yarham, Yaa dafingal bala-i Yaa Alloh, wa Yaa dafingal bala-i Ya rohman, wa Yaa dafingal bala-i Yaa Rohiim.

"Ya Alloh, dengan kebenaran Al-Fatihah dan rahasia Al-Fatihah, Wahai sang pembedah kegelisahan. Wahai Sang penyingkap kebingunan. Wahai Dzat yang mengampuni dan mengasihi para hamba-Nya, Wahai Sang penolak bala, Ya Alloh. Tuhan Yang Maha Pengasih. Wahai Sang penolak bala, Tuhan Yang Maha Penyayang."

Doa Tolak Bala setelah Sholat

Kemudian ada juga doa tolak bala yang sering kita dengar dibaca usai sholat berjamaah.

Adapun lafad dari bacaan doa tolak bala tersebut adalah sebagai berikut :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَاوَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allohummaftah lana abwabal khoir, wa abwabal barokah, wa abwaban ni'mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal ngafiyah, wa abwabal jannah. Alloohumma ngafina min kulli bala-id dun-ya wa ngadzabil akhiroh, washrif nganna bi haqqil Qur-anil ngadziim wa nabiiyikal kariim syarrod dun-ya wa ngadzabal akhiroh. Ghofarollohu lanaa wa lahum bi rohmatika ya arhamar roohimiin. Subhana robbika robbil ngizzati ngam maa yashifun, wa salamun ngalal mursaliin, walhamdu lillahi robbil ngalamiin.

"Ya Alloh, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Alloh, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al Quran yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Alloh mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Alloh, Tuhan sekalian alam."

Doa Tolak Bala Obat Hati

Selain Dengan mengamalkan doa Diatas Membaca Sholawat Tibbil Qulub juga memiliki manfaat sebagai doa tolak bala.

Berikut ini bacaan Sholawat Tibbil Qulub sebagai doa Tolak bala lengkap arab latin dan artinya:

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا، وَعَافِيَةِ الْاَبْدَانِ وَشِفَائِهَا، وَنُوْرِ الْاَبْصَارِ وَضِيَائِهَا، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم

Allohumma sholli ngalaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil qulubi wa dawa-ihaa wangaafiyatil abdaani wa shifaa-ihaa wa nuuril abshoori wa dhiyaa-ihaa wa ngalaa aalihi wa shohbihi wa sallim.

“Ya Alloh limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhannya, sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Dan semoga rahmat tercurah limpahkan kepada para sahabat beserta keluarganya.”

Baca : Keutamaan Sholawat Tibbil Qulubi

Doa Tolak Kejahatan dan Gangguan Setan

Selain doa diatas, ada sholawat yang memiliki keutamaan dapat menolak bala dari kejahatan dan gangguan setan, Baca : Keutamaan Sholawat Tulki (Haibah) sebagai tolak segala bala

Doa Tolak Bala Rotib Al Atthos

Doa atau amalan tolak bala berikutnya adalah membaca rotib al atthos, baca selengkapnya ....


Demikian tadi Kumpulan Bacaan doa tolak bala dan wabah, doa agar terhindar dari berbagai mara bahaya dan musibah lengkap arab latin dan artinya.

Baca Juga : Rebo Wekasan tradisi keagamaan untuk menolak segala bala

Anda mungkin tertarik artikel ini:

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Kumpulan Doa Tolak Balak Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.


Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.