Bacakan

Sayyidul Istighfar Lengkap Arab Latin dan Artinya serta Keutamaannya yang Luar Biasa

Bacaan Doa Atau Dzikir Sayyidul Istighfar Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa
Bacaan Doa Atau Dzikir Sayyidul Istighfar Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa
Bacaan Doa Atau Dzikir Sayyidul Istighfar Beserta Keutamaannya yang Luar Biasa

Manusia atau yang sering di sebut bani Adam adalah kita semua yang hidup di Dunia, yang di kodratkan banyak melakukan kesalahan dan dosa.

Kenapa Manusia diciptakan selalu melakukan kesalahan (dosa)?

Tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk selalu memohon Ampunan dan bertaubat kepada Alloh SWT, serta berusaha selalu memperbaiki tingkah laku.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مَسْعَدَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ. (حسن. صحيح الترغيب والترهيب)

Telah menceritakan kepada kami [Ahmad bin Mani'] telah menceritakan kepada kami [Zaid bin Hubab] telah menceritakan kepada kami [Ali bin Mas'adah] dari [Qotadah] dari [Anas] dia berkata; Rosululloh shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Semua bani Adam (manusia) pernah melakukan kesalahan (dosa), dan sebaik-baik orang yang salah (berdosa) adalah yang segera bertaubat." (Shohih at-Targhib wa at-Tarhib)

Kemudian dalam sebuah hadits Qudsi Alloh SWT berfirman :

يَاعِبَادِي إِنَّكُمْ تُخْطِئُونَ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَأَنَا أَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيْعًا فَاسْتَغْفِرُونِي أَغْفِرْ لَكُمْ. (صحيح مسلم)

“Wahai hamba-hamba-Ku, sesungguhnya kalian berbuat salah pada malam dan siang, dan Aku mengampuni semua dosa, maka mintalah ampunan kepada-Ku niscaya Aku akan mengampuni kalian.” (Shohih Muslim)

Dari Dua Hadits di Atas dapat kita tarik kesimpulan, jika manusia diciptakan di Muka bumi ini, memang tidak luput dari berbuat salah dan Dosa, entah terhadap sesama, atau terhadap Alloh SWT.

Dari kesalahan yang tidak di sengaja maupun dosa kecil dan besar.

Maka sudah seharusnya sebagai Manusia kita wajib untuk selalu ber Istighfar, memohon maaf terhadap sesama Manusia dan Memohon Ampunan kepada Alloh atas semua dosa-dosa yang kita perbuat. Karena sesungguhnya ampunan Alloh begitu luas.

Sebagaimana firman Alloh SWT dalam Al-Qur'an Surat Hud ayat 90:

وَاسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِۗ اِنَّ رَبِّيْ رَحِيْمٌ وَّدُوْدٌ ۝٩٠

Wastaghfiruu robbakum tsumma tuubuu ilaiih, inna robbii rohiimuw waduud

Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu kemudian bertobatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Mencintai.” (QS. Hud : 90)

Dari ayat di atas jelas bahwa kita diperintahkan untuk selalu memohon ampun dan bertaubat kepada Alloh SWT.

Cara Memohon Ampunan bisa di lakukan dengan berbagai Amalan, dengan melaksanakan Sholat Taubat, Dzikir Istighfar dan selalu berusaha untuk berbuat kebaikan.

Baca juga : Amalan Wirid dan Dzikir Para Waliyulloh

Diterangkan dalam sebuah Hadits terdapat Bacaan Istighfar yang paling Alloh SWT sukai jika ada salah Satu Hambanya berdzikir dengan kalimat tersebut.

Kalimat Dzikir Apakah Itu?

Dzikir tersebut disebut dengan "Sayyidul Istighfar"

Sayyidul Istighfar adalah salah satu Amalan Islam yang dianjurkan untuk rutin dibaca Muslim jelang pagi dan petang Hari.

Dalil Sayyidul Istighfar

Berikut Dalil yang menjelaskan tentang Doa Dzikir Sayyidul Istighfar.

Rosululloh SAW telah bersabda:

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «سَيِّدُ الِاسْتِغْفَارِ أَنْ يَقُولَ الْعَبْدُ: اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتِنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلِيَّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ، مَنْ قَالَهَا فِي لَيْلَةٍ فَمَاتَ فِي لَيْلَتِهِ دَخَلَ الْجَنَّةَ، وَمَنْ قَالَهَا فِي يَوْمِهِ فَمَاتَ دَخَلَ الْجَنَّةَ»

Dari Syaddad bin Aus, dari Rosululloh SAW bersabda, "Sayidul istigfar (pemimpin istighfar) adalah seorang hamba mengucapkan: "Ya Alloh, Engkau adalah Tuhanku. Tiada tuhan selain Engkau. Engkau-lah yang telah menciptakan ku dan aku adalah hamba-Mu. Aku tetap pada ikatan-Mu dan perjanjian-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui dosaku kepada-Mu, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku. Maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau." Apabila ia mengucapkannya jelang pagi dengan penuh keyakinan, kemudian ia meninggal dunia, maka dia masuk surga.” (Shohih: Al Bukhori)

Dari hadits Nabi SAW tersebut, doa Sayyidul Istighfar berisi tentang permintaan pengampunan seorang hamba kepada Alloh SWT.

Doa tersebut juga mengandung perintah untuk bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan.

Bacaan Sayyidul Istighfar

Ada beberapa bacaan dzikir istighfar yang sering di amalkan oleh para ulama. Dengan bacaan dzikir sayidul Istighfar yaitu :

  1. Membaca istighfar: Astaghfirullohal ngadzim li qoryati ... (sebutkan tempat anda tinggal sekarang)
  2. Astaghfirullohal ngadzim li Abii wa ummi
  3. Astaghfirullohal ngadzim lil muslimin wal muslimat
  4. Astaghfirullohal ngadzim lil ngamali fi hayatii
  5. Astaghfirullohal ngadzim li jamingil ahli baiti.

Berikut bacaan doa sayyidul istighfar lengkap arab latin dan artinya:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتِنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلِيَّ، وَأَبُوءُ بِذَنْبِي، فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allohumma anta robbii laa ilaha Illa anta kholaqtanii wa ana ngabduka wa ana ngala ngahdika, wa wa'dika mas tatho'tu, angudzubika min syarri maa shona'tu, abuu-u laka bini'matika ngalayya wa abuu-u bidzanbi faghfirli fa-innahu laa yaghfiru dzunuuba illa anta.

Ya Alloh, Engkau adalah Tuhanku, Tiada tuhan selain Engkau. Engkau-lah yang telah menciptakan ku dan aku adalah hamba-Mu. Aku tetap pada ikatan-Mu dan perjanjian-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat. Aku mengakui dosaku kepada-Mu, aku mengakui nikmat-Mu kepadaku. Maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau.

Itulah Bacaan kalimat Doa dzikir istighfar yang dianjurkan oleh Rosululloh untuk dibaca saat pagi dan petang.

Karena apabila kita membaca di dua waktu tersebut, maka kita termasuk penghuni surga. Sebagaimana Rosululloh SAW bersabda keutamaan membaca Sayyidul istighfar.

“Barangsiapa mengucapkan di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk pagi, maka ia termasuk penghuni surga.” (Mutaffaqun ‘Alaih)

Keutamaan Sayyidul Istighfar

Jika dilihat sabda Nabi di atas, Doa atau Dzikir Sayyidul Istighfar memiliki keutamaan yang begitu besar bagi Orang yang rajin mengamalkannya.

Berikut Bebetapa keutamaan Doa Dzikir Sayyidul Istighfar :

  1. Masuk Surga

    Dalam hadis yang merupakan lanjutan dari hadis di atas, Rosululloh bersabda, “Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari dan meyakininya, lalu dia mati pada hari itu sebelum waktu petang, maka dia termasuk penghuni syurga.

    Dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, lalu dia mati sebelum waktu pagi, maka dia termasuk penghuni syurga”.

    Ya, syurga dijanjikan bagi orang yang membaca sayyidul istighfar ini baik di siang hari maupun malam hari.

  2. Diampuni Dosa

    Istighfar adalah bacaan yang berharap agar diampuni dosa-dosanya oleh Alloh SWT atas kesalahan dan khilaf yang terjadi. Bacaan ini menandakan betapa kecilnya Anda di hadapan Alloh. Anda sebagai manusia, adalah tempatnya khilaf dan salah.

    Dengan demikian membaca dan mengamalkanya dikehidupan sehari-hari agar nantinya dosa-dosa yang lalu bisa diampuni.

  3. Bentuk Syukur Atas Nikmat Alloh

    Dalam bacaan sayyidul istighfar tersebut juga terdapat pengakuan atas nikmat yang diberikan Alloh SWT pada Anda. Dengan membaca dan mengamalkanya juga merupakan bentuk wujud syukur manusia pada Alloh SWT.

  4. Dicintai Alloh

    Alloh berfirman: “Sesungguhnya Alloh mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri” (QS. al-Baqoroh: 222).

    Alloh SWT senang terhadap orang yang beristighfar dan memohon ampun. Sebab didalamnya terkandung makna bahwa manusia ingin menjadi lebih baik. Dengan jalan mengakui kesalahan yang telah terjadi dan berniat untuk tidak mengulanginya lagi.

  5. Mencegah Azab

    Firman Alloh seperti termaktub dalam QS. Al-Anfal ayat 33: ”Dan Alloh sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Alloh akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun”.

    Keutamaan orang yang memohon ampun pada Alloh SWT adalah dapat terhindar dari azab. Sebab Alloh tidak akan mengazab umatnya yang bertaubat dan memohon ampun.

  6. Memperlancar Rezeki

    Dalam sebuah hadis, Rosululloh bersabda, ”Sesungguhnya seorang hamba boleh tertahan rezekinya karana dosa yang dilakukannya” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

    Dosa-dosa yang Anda lakukan boleh menjadi penghambat kelancaran rezeki Anda. Oleh karenanya, dengan membacanya dan memohon ampun pada Allah, semoga dosa-dosa yang Anda lakukan itu dapat dihapuskan.

    Dzikir dengan Istighfar juga dikenal sebagi salah satu kunci pembuka pintu rezeki.

  7. Membersihkan Hati

    Istighfar dapat membersihkan hati Anda. Banyak hal yang dapat menyebabkan hati Anda menjadi kotor. Dengan membaca dan mengamalkannya diharapkan hati Anda bisa menjadi bersih.

    Seperti dalam sebuah hadis, Rosululloh bersabda, ”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka terperciklah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersih lah hatinya” (HR. Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi).

  8. Ketenangan Batin

    Istighfar adalah bentuk pengakuan atas segala dosa dan kesalahan yang Anda perbuat. Hanya dengan memohon ampunan-Nya, batin Anda bisa menjadi tenang.


Nah, itulah tadi Bacaan Doa Sayyidul Istighfar dan beberapa keutamaan dari beristighfar.

Perlu digaris bawahi: Membaca doa sayyidul istighfar ini sangat dianjurkan untuk di biasakan dibaca atau di Amalkan setiap hari, sebagai salah satu bentuk usaha meraih Ampunan dan Ridlo Alloh SWT.

Wallohu A’lam.

Semoga kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Aamiin


Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Sayyidul Istighfar Lengkap Arab Latin dan Artinya serta Keutamaannya yang Luar Biasa, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.