Bacakan

8 Keutamaan Puasa 10 Hari di Bulan Rojab, Beserta Waktu dan Niat Puasa Rojab Lengkap Arab Latin dan Artinya

8 Keutamaan Puasa 10 Hari di Bulan Rojab, Beserta Waktu dan Niat Puasa Rojab Lengkap

Bulan Rojab adalah salah satu bulan yang yang di Muliakan. Pada bulan rojab ada beberapa amalan yang dianjurkan, salah satunya adalah berpuasa.

Puasa Rojab merupakan salah satu puasa sunnah yang memiliki banyak keutamaan, sebagaimana hadist riwayat At-Thobroni berikut:

Rosululloh SAW bersabda “Barang siapa berpuasa pada bulan Rojab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Alloh akan mengabulkan semua permintaannya.” HR. At-Thobroni.

Niat Puasa Rojab

Puasa Sunnah pada bulan Rojab dilaksanakan selama 10 Hari, pada awal, pertengahan dan akhir Bulan. Bisa juga berpuasa hanya sehari di bulan rojab.

Adapun Niat Puasa Sunah Bulan Rojab lengkap arab latin dan artinya adalah sebagai berikut :

نوايت صوم فى سهري الرجاب سنت لى الله تعال

Nawaitu Souma fi sahri rojab sunnata lillahi tangala

Saya niat puasa di bulan rojab, sunah karena Alloh ta'ala.

Keutamaan Puasa Rojab

Meskipun puasa Sunnah bulan rojab tidak se populer puasa-puasa sunah lainya, ternyata puasa sunnah bulan rojab memiliki keutamaan yang luar biasa, jika kita mau menjalankannya.

Keutamaan Puasa Rojab yang dapat kita peroleh di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Seperti Melaksanakan puasa sebulan

    Rosululloh SAW bersabda: “Barang siapa berpuasa pada bulan Rojab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan apabila puasa 10 hari maka Alloh akan mengabulkan semua permintaannya.” HR. At-Thobroni.

  2. Dicatat Amalnya baik selama 60 bulan

    Rosululloh SAW bersabda: "barang siapa puasa pada tanggal 27 Rojab, Alloh mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan.” Abu Huroiroh.

  3. Ditutupnya Pintu Neraka

    Apabila puasa selama 7 hari pada bulan Rojab maka akan menutup pintu neraka baginya.

  4. Dibukakan baginya 8 Pintu Surga

    Berpuasa selama 8 hari pada bulan Rojab akan membuka 8 pintu surga untuknya.

  5. Dihapuskan Dosa

    Berpuasa selama 10 hari pada bulan Rojab maka akan menghapus dosa dosanya pada tahun yang lalu dan tahun yang akan datang dan diganti dengan kebaikan.

  6. Kelak akan mendapatkan Minuman dari surga

    Puasa sehari di bulan rojab dengan penuh keikhlasan karena Alloh, maka akan mendapatkan air susu yang berasal dari sungai Rojab di surga. Air sungai rojab rasanya manis melebihi madu.

    Rosululloh SAW bersabda:

    "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rojab, airnya lebih putih daripada susu dan dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rojab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut"

  7. Berpuasa Rojab selama tiga Hari dapat menghilangkan berbagai penyakit

    Maka akan Diselamatkan Alloh dari bahaya Dunia, dihindarkan dari penyakit gila, lepra dan panu. (Kitab Durrotun nasihin)

  8. Diturunkanya Nur Muhammad

    Pada taggal 10 bulan rojab, Alloh SWT menurunkan Nur Muhammad pada rahim Sayidah Aminah 'alaiha salam.

Nah, Sudah tahu Keutamaan puasa 10 Hari di Bulan rojab, yuk puasa Sunah Bulan Rojab.

Disamping mendapat pahala puasa di bulan rojab juga sebagai sarana melatih diri menuju Bulan Romadhon dan Puasa sunah juga dapat menyehatkan tubuh kita.

Baca Juga : Keutamaan bulan Rojab dan Amalan yang dianjurkan


Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: 8 Keutamaan Puasa 10 Hari di Bulan Rojab, Beserta Waktu dan Niat Puasa Rojab Lengkap Arab Latin dan Artinya, jangan lupa + IKUTI website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat. Simak artikel kami lainnya di Google News.

Posting Komentar

Tinggalkan komentar sesuai topik artikel, Ceklist Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi via email ketika komentar kalian di balas.
Semua Artikel Backlink Partner
Persetujuan Cookie
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar pengecualian di plugin pemblokiran iklan Anda.
Site is Blocked
Maaf! Situs ini tidak tersedia di negara Anda.